Jadi Zona Prioritas, Pemkot Pasuruan Komitmen Turunkan Angka Stunting

Jadi Zona Prioritas, Pemkot Pasuruan Komitmen Turunkan Angka Stunting Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, saat menjelaskan KPM sebagai garda depan dalam rangka percepatan penurunan stunting.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kota tahun ini ditetapkan sebagai zona prioritas atau lokus berdasarkan Keputusan Menteri PPN/Bappenas Nomor 10/M.PPN/HK/02/2021. 

Menanggapi hal tersebut, Pemkot melalui badan perencanaan dan penelitian pengembangan pembangunan daerah (Bapelitbangda) menggelar pembinaan kader pembangunan manusia (KPM) kelurahan. Acara itu dibuka oleh Wakil Wali Kota , , Selasa (28/6/2022).

“Pembinaan ini diberikan agar setiap KPM dapat mengemban tugas memantau, dan mencatat pelaksanaan pengukuran panjang serta tinggi badan balita sebagai alat deteksi dini . Serta memastikan semua sasaran menerima tujuh paket layanan, bersama aksi lain yang masuk dalam program percepatan penurunan ,” kata dalam sambutannya. 

Menurut Adi, ditetapkannya Kota sebagai lokus di tahun 2022 harus ditindaklanjuti dengan bergerak cepat untuk kemudian menetapkan zona prioritas penurunan angka kelurahan pada 2022. 

Total, ada sepuluh kelurahan yang ditetapkan sebagai lokus 2022, yaitu Kelurahan Krapyakrejo, Petahunan, Karangketug, Blandongan, Bugul Lor, Mandaranrejo, Kebonsari, Karanganyar, Tambaan, dan Ngemplakrejo. 

Sedangkan pada tahun 2023, total ada enam kelurahan yang ditetapkan sebagai lokus yaitu Kelurahan Kebonagung, Bugul Lor, Karanganyar, Gadingrejo, Blandongan, dan Bakalan.

“Ditetapkannya lokus kelurahan tadi bukan berarti kelurahan lain tidak ada program percepatan penurunan , tetapi akan tetap dilakukan pemantauan dan intervensi,” ucap Adi.

Menurut dia, ditetapkannya lokus didasarkan pada data prevalensi kelurahan, jumlah balita kelurahan, jumlah keluarga berisiko , dan cakupan layanan intervensi spesifik (30 persen) sensitif (70 persen).

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Suami Bu Kades di Pasuruan Diamankan Polisi Karena Curi Motor, Terekam CCTV':