Festival Kali Brantas ke-3 ada di Kampung Putih Malang

Festival Kali Brantas ke-3 ada di Kampung Putih Malang Suasana Festival Kali Brantas di Kampung Putih Malang.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - ke-3 berlangsung di Kampung Putih . Daerah tersebut adalah salah satu kampung tematik di Kota yang menanamkan cinta terhadap kesehatan dan lingkungan.

Permukiman yang dilintasi ini juga menyelenggarakan festival mural. Dalam acara itu, Mbah Karjo menyampaikan orasi budaya tentang ragam binatang endemi sungai yang perlu dijaga dan dipelihara.

"Di kali Brantas ini ada ikan, ular, dan binatang melata lainnya sebagai bagian mahluk hidup yang bermanfaat bagi manusia," kata pria yang bernama asli Samsul Subadri sembari membuat mainan binatang dari janur, Selasa (26/7/2022).

Festival turut dihadiri forkom pokdarwis, perwakilan kampung tematik, pihak disporapar, Camat Klojen, Lurah Klojen, DLH, BPBD, kominfo daerah setempat. Seniman pun ikut mendukung dan mensukseskan acara itu.

Kegiatan dipandu Duta Budaya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota , Satria dan Silvi yang menampilkan baca puisi, aksi teatrikal, kentongan, menari anak anak, tari Bapang di pinggir sungai, kampanye kali bersih, produk olahan sampah, serta kuliner kampung putih.

Lurah Klojen, Waluyo, mengatakan bahwa daerahnya akan menjadi ikon wisata baru di Kota . Nantinya, rumah yang membelakangi sungai akan diubah dan menghadap sungai, agar perairan menjadi halaman depan bagi Kampung Putih .

"Ini gagasan kreatif dari Forkom Pokdarwis Kota , dan ke depan perlu ditingkatkan serta bekerja sama dengan banyak pihak," ucap Camat Klojen, Heri Sunarko.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':