Hadiri Sedekah Bumi, Bupati Gresik Bagikan Kompor Gas Gratis di Dusun Cagak Cerme

Hadiri Sedekah Bumi, Bupati Gresik Bagikan Kompor Gas Gratis di Dusun Cagak Cerme Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (paling kanan) saat menyerahkan kompor gas gratis. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati , Fandi Akhmad Yani, membagikan kompor gas gratis saat menghadiri sedekah bumi di Dusun Cagak, Desa Cagak Agung, Kecamatan Cerme, Minggu (31/7/2022). Pemberian kompor gas gratis tersebut dari Kementerian ESDM melalui PT Migas.

"Sedekah bumi merupakan bentuk rasa syukur dan terima kasih kepada Allah SWT yang digelar bertepatan pada bulan Muharram. Ada salah satu yang harus kita kerjakan pada bulan ini, yaitu perbanyak sedekah," ujarnya.

Ia mengajak kepada masyarakat untuk melestarikan kesenian tradisional seperti wayang golek yang ditampilkan pada sedekah bumi kali ini. 

"Mudah-mudahan seni budaya ini tetap kita lestarikan, karena ini merupakan warisan budaya yang harus kita jaga," tuturnya.

Bupati memaparkan, kompor gas yang diberikan secara gratis merupakan buah dari amanat yang diberikan oleh pemerintah untuk diberikan kepada warga. Menurut dia, jaringan gas akan lebih efisien dan murah dari segi harga dan yang lain, sehingga masyarakat diimbau agar berfikir ke depan bagaimana cara menggunakannya dengan maksimal.

"Pak Habibullah (Dirut PT Migas) yang ditugaskan oleh pemerintah harus bisa memberikan manfaat. Dalam hal ini memberikan kontribusi pelayanan jaringan gas dan kompornya bekerja sama dengan kementerian ESDM. Kompor gas sudah dibagi, sambungan sudah dipasang. InsyaAllah bulan Agustus ini sudah nyala," paparnya.

Camat Cerme, Umar Hasyim, mengatakan bahwa program jaringan gas merupakan yang pertama di dan kini sudah mencakup 6 desa dengan 4.000 saluran rumah tangga di wilayahnya. Ia menilai, jaringan gas dan pemberian kompor gas gratis merupakan perwujudan dari program Nawa Karsa yang diusung oleh Bupati , Fandi Akhmad Yani. 

Sementara itu, Dirut PT Migas, Habibullah, menyebut pemasangan jaringan gas tahun ini sudah berjalan 90 persen dan akan ditambah lagi pemasangan jaringan gas sebanyak 1.000 rumah tangga di tahun ini. Ia menjamin kalau pemasangan jaringan gas tidak akan dipungut biaya alias gratis.

"Bapak Bupati pada tahun 2021, memerintahkan kepada kami untuk memberikan jaringan gas, dengan catatan gratis tidak ada biaya apapun untuk pemasangannya," kata Habibullah. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO