PHK Sepihak 33 Pekerja, Ribuan Buruh Gruduk Kantor IKSG Tuban

PHK Sepihak 33 Pekerja, Ribuan Buruh Gruduk Kantor IKSG Tuban Ribuan buruh yang tergabung FSPMI Konsulat Cabang Tuban lakukan aksi demo di depan kantor PT Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG), Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Senin (15/8/2022).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ribuan buruh yang tergabung Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Konsulat Cabang , melakukan aksi demo di PT Industri Kemasan Semen Gresik (), Kecamatan Jenu, Kabupaten , Senin (15/8/2022).

Aksi tersebut dipicu adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh terhadap 33 pekerja yang bekerja di PT .

Pemecatan yang dilakukan oleh itu dianggap menyalahi ketentuan perundang-undangan yang berlaku, sekaligus tak menghormati forum dialog yang masih berjalan.

"Hari ini kita datang beserta anggota kami menuntut tentang PHK terhadap 33 pekerja dan tanggung jawab dari pada PT ," kata Ketua Konsulat FSPMI Cabang , Duraji.

Saat demo berlangsung, sempat terjadi ketegangan karena diduga ada salah satu peserta demo diamankan oleh petugas. Hal itu membuat para pekerja lainnya marah dan berusaha mencarinya.

"Kami menduga ada anggota dibawa oknum yang tidak bertanggung jawab, tapi setelah itu mereka sudah kembali. Kita tidak bisa memastikan siapa oknum itu," ujarnya.

Ia juga menuding pihak tidak menghormati forum dialog yang masih berjalan. Oleh karena itu, pemecatan terhadap 33 orang pekerja tersebut dinilai telah menyalahi ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Gaji Nunggak 5 Bulan, Buruh Pabrik di Pasuruan Mogok Kerja':