Hadapi Tantangan Dinamika Global, Gubernur Khofifah Ajak Aktivis PMII Perbanyak Inovasi dan Sinergi

Hadapi Tantangan Dinamika Global, Gubernur Khofifah Ajak Aktivis PMII Perbanyak Inovasi dan Sinergi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat menghadiri Sarasehan Pergerakan di Pendopo Banyuwangi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, mengajak pemuda serta mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia () untuk terus berinovasi, dan improvisasi serta sinergi menghadapi berbagai tantangan dinamika global. Khususnya terhadap ancaman krisis energi, pangan, dan keuangan yang berdampak pada inflasi di beberapa negara.

Menurut dia, sudah menjadi keharusan bagi pemuda untuk ikut bersama-sama memiliki bekal dan kesiapan menghadapi tantangan tersebut. Oleh karena itu, ia berpesan kepada mereka untuk tidak pesimis menghadapinya dan membangun optimisme serta terus menggali potensi diri dengan melakukan banyak inovasi dan improvisasi serta sinergi.

"Mari kita lakukan pemetaan seberapa banyak kita punya potensi baik itu SDA maupun SDM untuk bisa memberikan penguatan di sektor pangan, sektor energi maupun sektor keuangan," ujarnya di Pendopo Banyuwangi, Selasa (23/8/2022).

Ia mengungkapkan hal itu usai mengahadiri Sarasehan Pergerakan Bersama Gubernur Jawa Timur bertajuk 'Pembangunan dan Demokrasi dalam Harmoni Pergerakan' yang digelar PKC Jawa Timur di Pendopo Banyuwangi.

mengungkapkan, prediksi tentang krisis energi telah disampaikan Gus Dur sejak menjabat sebagai Presiden pada tahun 2000. Gubernur menyebut, krisis energi telah lama diprediksi dan upaya konversi energi dari fosil ke energi baru terbarukan terus diupayakan.

"Inovasi menjadi penting, karena itu adanya BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) membuat inovasi-inovasi untuk mengkonversi energi dari fosil harus terus dilakukan. Dan kita memiliki kemampuan untuk itu," ungkapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO