Bangkitkan Ekonomi, Pemkot Batu Dorong UMKM Go Digital

Bangkitkan Ekonomi, Pemkot Batu Dorong UMKM Go Digital Wali kota Batu, Dewanti Rumpoko.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pemerintah kota (Pemkot) Batu menggelar Sarasehan Go Digital serta Akselerasi Pemanfaatan Produk Layanan Keuangan Digital, di El Royale Kartika Hotel, Rabu (31/8/2022).

Hal itu dilakukan, agar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah () di bisa memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Manusia Setda , Emilyati, mengatakan, Pemkot Batu menyediakan Sistem Informasi Akses Keuangan Daerah Pemerintah (SIKANDA PRABU) dalam rangka mendorong perluasan akses keuangan bagi masyarakat .

"Website SIKANDA PRABU sudah terintegrasi dengan Kredit Usaha Rakyat, bagi yang membutuhkan tambahan modal bisa memanfaatkan fasilitas ini," tuturnya.

Tak hanya itu, Pemkot Batu juga memiliki Aplikasi Kredit Usaha Rakyat (AKUR) yang bisa mempermudah pengajuan Kredit Usaha Rakyat melalu Ponsel dan Komupter dengan empat bank peyalur seperti Bank Jatim, BRI, Mandiri dan BNI.

Wali , Dewanti Rumpoko, menambahkan, menjadi salah satu ujung tombak yang bisa membangkitkan perekonomian. Melalui pemasaran secara digital, dapat menjadi akses bagi bagi untuk meningkatkan daya saing.

“Keberadaan ini menjadi keniscayaan di tengah pandemi Covid-19. Saat ini, mau tidak mau kita harus bisa beradaptasi dengan digital untuk keberlanjutan usaha, baik dari segi pemasaran atau sistem keuangan,” kata Dewanti.

Ia mengatakan, Pemkot Batu juga menyediakan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), yang nantinya pelaku bisa memanfaatkan dalam pengembangan usaha, peningkatan kualitas dan pemasaran produk. (adi/rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO