Baznas Jatim Salurkan Bantuan dan Beri Pelatihan Fried Chicken kepada 30 Warga Mojokerto

Baznas Jatim Salurkan Bantuan dan Beri Pelatihan Fried Chicken kepada 30 Warga Mojokerto

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jatim memberikan pelatihan cara membuat kepada 30 warga Kabupaten Mojokerto, Senin (1/9/2022) lalu, bertempat di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto.

H Kolik, Kepala Bidang Pendistribusian dan Pemberdayaan Baznas Jatim, mengatakan pelatihan pembuatan tersebut bekerja sama dengan Z-Chicken. Adapun sasarannya adalah 250 UKM (usaha kecil menengah) dari keluarga kurang mampu sebagai mustahik.

Karena terbatasnya kuota, maka tidak semua kabupaten atau kota di Jawa Timur mendapatkan pelatihan tersebut.

"Dari (kuota) 250 itu kita sebar beberapa daerah. Hanya 10 daerah mendapat bantuan. Artinya, tidak semua daerah mendapat bantuan karena terbatas. Masing-masing kabupaten atau kota rata-rata mendapatkan kuota 25-30 orang miskin penerima manfaat," ujarnya, Kamis (1/9/2022).

Selain memberikan pelatihan, lanjut Kolik, Baznas Jatim juga memberikan bantuan senilai Rp9 juta yang berupa gerobak jualan, alat penggoreng wajan, kompor, baskom, dan elpiji. Peserta juga mendapatkan modal jualan senilai Rp2,6 juta berupa daging ayam 30 kg, tepung 20 kg, minyak goreng 20 liter, saos, paper bag, dan peralatan jualan lainnya.

"Itu kita bantukan kepada mereka dengan pola bertahap. Jadi mereka di awal-awal kita kasih bahan sebanyak 5-15 kg untuk jualan promosi. Kemudian berikutnya hasil jualan promosi kita dorong untuk kulak lagi di stock point (SP)," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO