Pimpinan NU Mulai Jarang Baca Buku KH Hasyim Asy’ari, NU Biologis, Bukan Ideologis

Pimpinan NU Mulai Jarang Baca Buku KH Hasyim Asy’ari, NU Biologis, Bukan Ideologis KH. Cholil Nafis, PhD

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail PBNU, KH. Cholil Nafis, PhD menilai bahwa kini banyak pengurus NU yang mulai jarang bahkan tak membaca kitab-kitab pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari. Akibatnya banyak diantara mereka yang tak menghargai dan tak sepaham dengan ajaran NU sesuai garis Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari. Padahal mereka adalah pimpinan NU, termasuk pimpinan PBNU.

”Mereka sudah jarang baca Qanun Asasi (NU), Risalah Ahlussunnah Waljamaah dan buku-buku Kiai Hasyim Asy’ari,” kata Kiai Cholil Nafis kepada BANGSAONLINE.com. 

Ia memberi contoh pengurus NU yang tertarik terhadap Syiah. ”Padahal Kiai Hasyim Asy’ari dalam kitabnya Risalah Ahlussunnah Waljamaah sudah menyinggung soal Rafidhah (Syiah),” katanya. Artinya, dalam pandangan Kiai Hasyim Asy’ari, Rafidhah masuk dalam kategori 71 sekte yang dianggap sesat.

”Jadi mereka itu NU biologis, bukan NU idelogis,” tegas dosen Universitas Indonesia ini. Mereka, menurut dia, secara paham keagamaan bukan NU, tapi malah menganut paham lain seperti Syiah, Wahabi, Islam Liberal, Hizbut Tahrir dan sebagainya

”Padahal Syiah itu secara ushul (aqidah) kan berbeda dengan NU,” katanya. Artinya, perbedaan NU dan Syiah bukan perbedaan furuiyah (cabang) seperti yang diyakini Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, tapi perbedaan aqidah yang tak bisa diterima oleh NU.

Sebelumnya, Kiai Cholil Nafis menuturkan bahwa Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj membuat nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas al-Musthafa al-’Alamiyah, Qom, Iran. Qom adalah sebuah kota yang merupakan ibukota Provinsi Qom di Iran. Qom menjadi sebuah kota suci bagi penganut Islam Syi'ah. Kota ini merupakan pusat pendidikan Syi'ah terbesar di dunia.

Lihat juga video 'Mobil Dihadang Petugas, Caketum PBNU Kiai As'ad Ali dan Kiai Asep Jalan Kaki ke Pembukaan Muktamar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO