Dukung Santri Kembangkan Potensi Diri, SIG Kick off Program Bakti BUMN

Dukung Santri Kembangkan Potensi Diri, SIG Kick off Program Bakti BUMN Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata (tengah), dan CSR Program BUMN Senior Officer SIG, Abdul Manan (dua dari kanan), saat melakukan kick off Program Bakti BUMN untuk Santri di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, Surabaya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk () bersama 32 BUMN melakukan kick off Bakti BUMN untuk Santri di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, , Rabu (14/9/2022). Kegiatan meliputi Program Magang Santri dan Program Pesantrenpreneur (Pendidikan Vokasi Pondok Pesantren) di Jawa Timur.

General Manager of CSR , Edy Saraya, mengatakan bahwa pihaknya saat ini menerima 20 santri magang di perusahaan. Mereka akan belajar mengenai proses bisnis serta metode kerja selama 3 bulan.

"Ada 26 pondok pesantren yang pengajaranya mengikuti program Training of Trainer (ToT). Saat ini mereka mulai mengajarkan ilmu yang didapat kepada santri masing-masing. Setiap pondok pesantren setidaknya mempunyai 15 santri untuk dididik, sehingga sedikitnya ada 390 santri yang akan diharapkan untuk menjadi wirausahawan," paparnya.

Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman, mereka juga akan mendapatkan sertifikasi magang dari perusahaan. Edy menambahkan, juga berupaya membangun masyarakat yang mandiri dengan melahirkan sebanyak-banyaknya wirausahawan baru melalui Program Pesantrenpreneur (Pendidikan Vokasi Pondok Pesantren).

Sudarsono, salah satu pengajar dari pondok pesantren Assalafi Al Fithrah berharap, ilmu yang diperoleh selama mengikuti ToT dapat bermanfaat untuk para santri.

"Kami berharap nantinya para santri memiliki skill tambahan, selain ilmu agama tentunya. Semoga mereka nanti bisa merintis usaha sendiri serta membuka peluang kerja bagi masyarakat," tuturnya.

Dalam kegiatan ini, bersama PT Pegadaian, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (Pelindo), serta PT PLN (Persero) bertindak sebagai koordinator program. Kick off dilakukan oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata dan General Manager of CSR , Edy Saraya.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan bahwa Indonesia saat ini bergerak semakin maju dan menjadi bangsa yang semakin besar, sedangkan pada 2030 diprediksi jumlah penduduk Indonesia dengan usia produktif mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk. Sebagai negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia, Indonesia memiliki ribuan pondok pesantren.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':