Dorong Kreasi Motif Tenun Ikat Kediri Secara Digital, Pemkot Gelar Lomba Desain

Dorong Kreasi Motif Tenun Ikat Kediri Secara Digital, Pemkot Gelar Lomba Desain Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar berbincang dengan salah satu juara lomba sambil memegangi tenun ikat karya peserta. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot Kediri berupaya menciptakan keragaman motif tenun ikat. Upaya itu dilakukan dengan mengadakan  2022.

berharap ke depan terdapat katalog khusus untuk motif Tenun Ikat Kediri. Ia bahkan siap mempromosikan motif-motif terbaru tenun ikat.

"Agar tamu yang mampir ke Kota Kediri membeli tenun ini," kata Abu Bakar. 

Dalam lomba ini, peserta diminta membuat motif secara digial terlebih dahulu, sebelum diaplikasikan dalam tenunan.

Adapun jurinya adalah Perajin Tenun Siti Ruqayah, Desainer Grafis Rony Setiyawan, Ilustrator Dimas Bramasto, dan Guru SMKN 3 Kediri Erki Setyandari.

Siti Rukayah berharap lomba ini mempu menghasilkan desain-desain yang aplikatif. Sebab, selama ini motif tenun ikat mayoritas berupa benda-benda di sekitar atau cenderung abstrak. Seperti motif air, biji kopi, bunga, dan lainnya.

"Hal yang menarik ketika melihat karya pemenang. Mereka berhasil menangkap simbol dari masing-masing bentuk sehingga meski bukan realis, namun orang akan mengerti bentuk yang dimaksud," ungkapnya.

Berdasarkan penilaian juri, Nurrina Fajrin berhasil keluar sebagai juara satu melalui karyanya yang diberi nama Bango Tong Tong. Motif Bango Tong Tong ini dibuat berdasarkan Kisah Panji Asmorobangun yang merupakan kearifan lokal Kediri.

Sedangkan juara 2 disabet Dita Hikmahwati dengan karya Serinjing. Sementara motif Manusuk Sima karya Ariliya Sabila Putri menjadi juara 3. Pemenang berhak mendapatkan uang tunai dan beasiswa. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO