Air Pamsimas Sumber Lancar di Kecamatan Mantup Sudah Sesuai dengan Kriteria WHO

Air Pamsimas Sumber Lancar di Kecamatan Mantup Sudah Sesuai dengan Kriteria WHO Bupati Yuhronur saat meresmikan Pamsimas Sumber Lancar di Mantup, Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat () Sumber Lancar berhasil penuhi kebutuhan air bersih. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari sumber air yang didistribusikan. Airnya lancar, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak ada rasa layaknya kriteria air bersih yang ditetapkan World Health Organization (WHO).

Sumber Lancar yang berlokasi di Desa Sumberdadi , Lamongan, itu mampu mengairi 160 aliran ke rumah warga setempat.

"Pemkab Lamongan mengalokasikan pamsimas ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat," ujar , dalam sambutan peresmian, Senin (10/10).

Menurut Yuhronur, terpenuhinya air bersih pasti akan menjamin kesejahteraan masyarakat dalam melangsungkan kehidupan sehari-hari dan terciptanya kemajuan ekonomi pada Desa Sumberdadi.

"Selain untuk memenuhi kebutuhan air, ini juga digunakan untuk menumbuhkan kegiatan ekonomi yang meningkat pula," terangnya.

Program pamsimas merupakan upaya pemerintah dalam menyediakan layanan air minum dan sanitasi yang layak bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hal itu sejalan dengan upaya mewujudkan sustainable development goals (SDGs) untuk menjamin ketersediaan dan pengelolaan air minum yang aman dan terjangkau pada tahun 2030.

Kepala Desa Sumberdadi Sugiono mengatakan hadirnya program pamsimas ini membawa perubahan baik bagi perairan masyarakat. Karena sebelum adanya pamsimas, sumber air di desanya berwarna keruh.

"Adanya pamsimas ini sangat bermanfaat bagi warga, karena menghasilkan air yang jernih dan lancar. Terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan Pemkab Lamongan," tuturnya. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO