OJK Kuatkan Klaim BRI, Kasus Uang Hilang Akibat Link Phising di Kediri Murni Kesalahan Nasabah

OJK Kuatkan Klaim BRI, Kasus Uang Hilang Akibat Link Phising di Kediri Murni Kesalahan Nasabah Kepala OJK Kediri, Bambang Supriyadi, saat memberi keterangan kepada awak media. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kasus hilangnya uang milik nasabah  atas nama Erna Hari Purwanti, warga Desa/Kecamatan, Kabupaten , dipastikan oleh akibat kesalahan nasabah sendiri karena mengklik link phising yang berisi permintaan username dan password e-banking.

Pernyataan ini disampaikan Kepala , Bambang Supriyadi, usai mengikuti RDP di Komisi I DPRD Kabupaten , Selasa (11/10/2022). Hal ini sekaligus menguatkan pernyataan , bahwa hilangnya kasus nasabah atas nama Erna Hari Purwanti akibat kesalahan yang bersangkutan.

Bambang mengungkapkan, di ada dua kasus yang menimpa nasabah . Yaitu kasus yang menimpa Erna Hari Purwanti dan Indri Tri Wahyuni.

"Kalau di kasusnya Bu Erna itu sudah dilakukan pengaduan konsumen dan juga (sudah) dijawab oleh Pusat. Bahwa berdasarkan data yang diteliti oleh , ada kesengajaan (nasabah) secara sadar menyampaikan data rahasia kepada pihak lain termasuk OTP (one time password) sehingga dana-dananya menjadi hilang," paparnya.

Menurut Bambang, memang mempunyai kewajiban untuk melakukan perlindungan terhadap konsumen. Namun, perlindungan dalam hal ini adalah apabila nasabah dirugikan oleh PUJK (Pelaku Usaha Jasa Keuangan).

"Jadi itu akan kami backup. Yaitu hanya nasabah yang dirugikan oleh lembaga jasa keuangan. Namun dalam kasus ini, bahwa mengklaim bahwa itu bukan kesalahan , namun kesalahan (nasabah) sendiri," tuturnya.

Sedangkan kasus nasabah Indri Tri Wahyuni yang kehilangan uang sekitar Rp170 juta, lanjut Bambang, saat ini masih didalami, karena kasusnya berbeda dengan nasabah Erna.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO