Dispendukcapil Kota Kediri Serahkan Biodata Bagi Disabilitas

Dispendukcapil Kota Kediri Serahkan Biodata Bagi Disabilitas Kepala Dispendukcapil Kota Kediri, Syamsul Bahri (kiri), dan para penyandang disabilitas di Pos PCT Gema Nurani, Jalan Jaksa Agung Suprapto. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna mewujudkan komitmen dalam pelayanan kependudukan bagi disabilitas, Pemkot melalui dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Dispendukcapil) menyerahkan surat keterangan biodata bagi disabilitas.

Penyerahan ini dilakukan langsung oleh Kepala Dispendukcapil Kota , Syamsul Bahri, kepada 8 penyandang disabilitas di Pos PCT Gema Nurani, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Selasa (1/11/2022).

Menurut Syamsul, biodata tersebut merupakan dokumen sah yang diterbitkan Dispendukcapil Kota selain KTP-el dan Kartu Keluarga. Biodata diberikan sebagai acuan bagi dinas lain jika ada program bantuan sosial yang berkaitan dengan penyandang disabilitas.

“Kita serahkan surat keterangan biodata bagi 8 disabilitas dan 5 Kartu Keluarga yang sudah update dimana pada biodatanya sudah tercantum ragam disabilitasnya. Jadi dokumen ini sudah bisa digunakan sebagai dasar dan jika sudah memiliki biodata ini mereka tidak perlu mencari surat keterangan dan bisa langsung mengurus apabila ada bantuan sosial,” paparnya.

Biodata diterbitkan setelah melalui proses dan tahapan verifikasi yang diajukan oleh penyandang disabilitas yang dibantu tim pendamping dari Dinas sosial. “Jadi kita verifikasi dulu berdasarkan KK, KTP-el dan laporan mereka. Berapapun yang diajukan akan kita proses,” tutur Syamsul.

Syamsul menambahkan, kegiatan itu merupakan hasil kerja sama dengan dinas sosial terutama dengan pendamping atau Tenaga Kesejahteraan Penyandang (TKSPD). Ia menyebut, Dispendukcapil Kota  akan terus berkoordinasi dengan organisasi penyandang disabilitas di wilayahnya agar semuanya memiliki biodata.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO