Peringati HKN, Khofifah: Kesehatan Prioritas Utama Misi Optimis Jatim Bangkit

Peringati HKN, Khofifah: Kesehatan Prioritas Utama Misi Optimis Jatim Bangkit Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Peringatan () ke-58 kali ini mengangkat tema "Bangkit lndonesiaku, Sehat Negeriku". Gubernur menyampaikan, tema tersebut menunjukkan bahwa kesehatan akan menjadi prioritas utama yang akan terus dibangun untuk mewujudkan misi . Masyarakat sehat dan ekonomi sehat.

"Isu kesehatan adalah isu yang sangat penting. Mengingat dengan kesehatan, kita semua dapat beraktivitas dan kembali produktif. Kesehatan adalah salah satu modal utama untuk mewujudkan Jatim Bangkit lebih kuat dan hebat. Oleh karena itu Pemprov Jatim akan terus memprioritaskan program yang mampu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat," ujar Guberur .

mengingatkan sejarah . Era tahun 50-an, penyakit malaria jadi wabah penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Ratusan ribu jiwa meninggal akibat penyakit tersebut.

Pemerintah berusaha melakukan pemberantasan malaria (malaria eradication) di seluruh wilayah Indonesia. dibentuk untuk menjalankan program tersebut.

Lima tahun program pemberantasan malaria itu pada akhirnya berhasil. Sebanyak 63 juta penduduk Indonesia telah terlindung dari penyakit malaria. Keberhasilan pemberantasan malaria pada tanggal 12 November 1964 tersebut kemudian diperingati sebagai .

"Kalau dulu kita berhasil mengeradikasi malaria, semoga kali ini kita juga berhasil menghadapi penyakit di era modern ini seperti pandemi Covid-19, gagal ginjal akut pada anak maupun penyakit degeneratif lainnya akibat perubahan gaya hidup seperti penyakit jantung, kanker, dan stroke," ujar .

juga menyinggung terkait keberhasilan Jatim untuk mencapai provinsi dengan cakupan vaksinasi campak rubella tertinggi di Indonesia pada program BIAN tahap II tahun 2022. Penghargaan ini diberikan langsung oleh perwakilan Unicef pada hari Kamis, 10 November 2022.

Terkait Covid-19, kembali mengingatkan terkait pentingnya protokol kesehatan untuk mengatasi tren kenaikan kasus. Perjuangan melawan Covid-19 belum usai. mengajak semua untuk memetahui protokol kesehatan kembali. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO