Tingkatkan Pertisipasi Pemilih Pemilu 2024, KPU Gresik Gelar FGD

Tingkatkan Pertisipasi Pemilih Pemilu 2024, KPU Gresik Gelar FGD Komisioner KPU Gresik Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Makmun, saat memaparkan partisipasi pemilih di Kecamatan Gresik. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com menggelar FGD bertajuk 'Strategi Peningkatan Pertisipasi Pemilih pada Wilayah Tingkat Partisipasi Rendah dalam ', Jumat (23/12/2022). Komponen masyarakat di Kecamatan diundang dalam agenda tersebut.

Adapun yang menjadi pemateri dalam FGD ini adalah, Kepala Desa Gapuro, Lurah Sidokumpul, dan Lurah Pakelingan. Pada kegiatan kali ini,  fokus pada upaya mencari strategi sosialisasi atas rendahnya partisipasi pemilih di Kecamatan .

Lurah Sidokumpul, Muhammad Rasyid, menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan partisipasi pemilih rendah di daerahnya. Antara lain, luasnya wilayah, dengan 7 sampai 8 ribu pemilih.

"Kendalanya adalah banyaknya warga kami yang hanya KTP-nya saja Sidokumpul, tapi tidak menetap disini. Kemudian, ada kendala juga di PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang pada Pilkada 2020 lalu baru semua, maka pendataan dan sosialisasi kepada calon pemilih belum bisa maksimal," ungkapnya.

Sementara itu, Kades Gapuro, Hasan Al Habsyi, mengungkapkan jika penting bagi stekeholder terkait, untuk menggiatkan pendidikan pemilih. Langkah ini, untuk memahamkan pentingnya pemilu dalam kehidupan masyarakat.

Komisioner Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Makmun, menyebut Kecamatan pada Pilkada 2020, menjadi daerah dengan partisipasi terendah, yaitu 66 persen.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO