Milla Manfaatkan Sampah Plastik Jadi Pakaian Estetik, Banjir Pesanan

Milla Manfaatkan Sampah Plastik Jadi Pakaian Estetik, Banjir Pesanan KREATIF: Milla (jilbab hitam) dibantu saudaranya sedang mengerjakan pesanan baju berbahan plastik bekas. Foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE.com

BOJONEGORO, BANGSAONLOINE.com - Plastik bekas umumnya tidak terpakai dan akan dibuang di tempat sampah. Namun tidak bagi (34), warga Desa Temu, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro yang memanfaatkan plastik bekas menjadi pakaian bernilai estetik.

Dibantu saudaranya, mengumpulkan sampah-sampah plastik yang sudah dibuang di tempat pembuangan akhir sekitar lingkungannya. Sampah plastik selanjutnya dibersihkan dan dipilah sesuai warna yang diinginkan.

"Kita bikin kreativitas aneka macam kerajinan. Tapi untuk hari ini kita sedang menyelesaikan pesanan khusus untuk even fashion show busana sampah plastik yang dilaksanakan anak-anak IPNU-IPPNU," ujar ditemui di rumahnya, Jumat (13/1/23) malam.

Ia mengungkapkan, merangkai sampah plastik menjadi benda bernilai itu terinspirasi dari media sosial. Selain itu, juga karena banyaknya sampah yang tercecer di sekitar rumahnya. Selain membuat baju berbahan plastik bekas, perempuan paruh baya itu biasanya membuat kerajinan bunga hias, lukisan, maupun tas kecil.

"Biasanya saat ada karnaval bulan Agustus ramai yang pesan baju. Untuk harganya bervariasi, seperti yang dipesan untuk fashion show ini Rp500 ribu," jelasnya.

Selain plastik bekas, dalam membuat baju pesanan khusus itu juga memanfaatkan kertas koran bekas sebagai bahan tambahan. Plastik yang sudah dipotong sesuai ukuran itu kemudian dirangkai menggunakan lem bakar serta dijahit. (eky/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO