Tingkatkan Literasi, SMAN 4 Sidoarjo Apresiasi Safari Jurnalistik PWI Sidoarjo

Tingkatkan Literasi, SMAN 4 Sidoarjo Apresiasi Safari Jurnalistik PWI Sidoarjo Kepala SMAN 4 Sidoarjo, Imam Jawahir, saat memberikan sambutan ketika Safari Jurnalistik yang digelar PWI. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Safari Jurnalistik yang digelar di Kota Delta mendapat apresiasi dari pihak SMAN 4 . Sebab, kegiatan berbentuk diklat jurnalistik tersebut bisa menjadi sarana bagi siswa untuk meningkatkan literasi.

Hal ini disampaikan Kepala SMAN 4 , Imam Jawahir, di sela Safari Jurnalistik yang digelar di SMAN 4 , Sabtu (21/1/2023). Ia memuji program Safari Jurnalistik yang digelar oleh , lantaran kegiatan ini menjadi pembelajaran yang luar biasa bagi siswa dan bisa menjadi bekal para siswa yang bercita-cita menjadi wartawan profesional.

Menurut dia, pelatihan jurnalistik itu juga menjadi sarana bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan di bidang literasi. Pihaknya juga berterima kasih karena siswa telah dikenalkan cara dan tips menangkal hoax. Itu jadi bekal positif para siswa yang saat ini cukup erat dengan gadget dan internet. 

"Ini program perdana. Kami harap ke depannya juga berlanjut," ujarnya.

Kata Imam Jawahir, di SMAN 4 juga ada komunitas jurnalistik semacam ekstrakurikuler sekolah yang berkecimpung terkait jurnalistik sekolah. Hadirnya pelatihan dari ini tentu menambah kemampuan dan pemahaman siswa.

"Ini juga untuk mewadahi siswa yang suka menulis. Ke depannya juga akan dikembangkan dalam bentuk membuat media sekolah, baik yang berbasis cetak maupun digital," pungkas Imam Jawahir.

Dalam Safari Jurnalistik ini, sebanyak 120 siswa kelas X dan XI SMAN 4 antusias menyimak materi yang disampaikan para pemateri yang merupakan anggota . Ada beragam tema seputar jurnalistik yang diajarkan kepada ratusan siswa tersebut.

Mulai dari Teknik menulis Berita dan Wawancara yang disampaikan oleh Syaiful Bahri (wartawan Matadelta.com), Sekilas Jurnalisme Online disampaikan oleh M Ismail (wartawan Beritajatim.com), Mengenal Fotografi Jurnalistik oleh Boy Slamet (fotografer Disway.id).

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO