13 Calon Anggota PPS Bangkalan Terpilih Gagal Dilantik, ini Penyebabnya

13 Calon Anggota PPS Bangkalan Terpilih Gagal Dilantik, ini Penyebabnya Suasana pelantikan anggota PPS di Gedung Serba Guna Rato Ebuh, Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten menggelar pelantikan anggota panitia pemungutan suara (PPS) di Gedung Serba Guna Rato Ebuh, Selasa (24/1/2022). Namun dari ratusan anggota PPS yang dilantik, ada 13 calon terpilih yang gagal dilantik.

Ketua KPU Zainal Arifin mengatakan, beberapa calon terpilih itu gagal dilantik karena melanggar ketentuan dan regulasi yang sudah ditetapkan oleh KPU.

"Dari 13 belas peserta yang gagal dilantik, terdapat 3 orang caleg yang awalnya tidak terdeteksi NIK-nya, tidak terdata di siakba dan sipol. Namun setelah hasil pengumuman tes wawancara, ada tanggapan dari masyarakat kalau mereka ini caleg pemilu 2019 sehingga kita cari data, yang kemudian mereka diskualifikasi lalu diganti oleh peringkat 4 di bawahnya," ujarnya.

Sedangkan 2 orang di antaranya ialah pendamping desa. Zainal menegaskan, pendamping desa tidak diperbolehkan menjadi anggota karena sudah ada regulasi internal.

"Kita sudah meminta kepastian kepada mereka, apakah mereka ingin lanjut di PPS atau tetap di pendamping, tetapi 2 orang itu memilih mundur dari PPS," tuturnya.

Sedangkan 8 orang lainnya memilih mengundurkan diri. Dari 13 peserta yang gagal dilantik, KPU sudah memilih pengganti yang kemudian sudah dilantik secara bersamaan dengan para anggota yang lain.

Total ada 843 anggota PPS di Kabupaten yang dilantik. Terdiri dari 709 orang laki-laki dan 134 orang perempuan.

Zainal berpesan kepada PPS yang dilantik agar menjadi penyelenggara yang baik serta menjalankan tugas sesuai peraturan perundang-undangan.

"Tugas yang paling terdekat pemuktahiran data pemilih, ini merupakan tugas awal yang harus dikerjakan," pungkasnya. (mil/uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO