Wujudkan Impian Masyarakat, Tahun 2023 Bupati dan Wabup Gresik Bangun RSG Sehati

Wujudkan Impian Masyarakat, Tahun 2023 Bupati dan Wabup Gresik Bangun RSG Sehati Bupati Fandi Akhmad Yani didampingi Kepala DCKPKP Ida Laialtussa'diyah, Kadinkes Mukhibatul Khusnah, dan Camat Kedamean Sukardi saat melihat lahan lokasi pembangunan RSG Sehati. FOTO: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - dan Wabup akan mewujudkan impian masyarakat untuk pembangunan (RSG) Sehati di tahun 2023 ini.

bakal dibangun di atas lahan sekitar 7.499 m2 di Desa Slempit, Kecamatan Kedamean, melalui APBD 2023 yang dianggarkan Rp85 miliar.

"Tahun ini, pembangunan Sehati dimulai. Ini merupakan program Nawa Karsa Pemerintah Gresik Baru untuk mewujudkan impian masyarakat Kabupaten Gresik," ucap bupati didampingi wabup kepada BANGSAONLINE.com.

Dijelaskan ia, pembangunan rumah sakit tipe C tersebut untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang representatif. Selain itu, juga untuk mendukung program Nawa Karsa berupa universal health coverage (UHC) atau sistem penjaminan kesehatan secara menyeluruh.

"UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan secara menyeluruh untuk masyarakat Gresik yang belum memiliki kartu badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan," tuturnya.

Bupati menyatakan dalam program UHC, masyarakat Kabupaten Gresik yang tak punya kartu BPJS bisa berobat secara gratis di layanan kesehatan dengan cukup menunjukkan e-KTP atau kartu keluarga (KK).

Saat ini, sarana kesehatan yang melayani UHC sudah sebanyak 32 puskesmas, 51 klinik, dan 10 dokter praktik mandiri sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Sedangkan untuk fasilitas kesehatan tingkat rujukan, disiapkan 2 rumah sakit (RS) pemerintah dan 17 RS swasta yang ada di Kabupaten Gresik.

"UHC bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Gresik dengan mudah dan cepat," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':