Ratusan Mahasiswa UB Alami Keracunan Makanan Saat Ikuti KKM

Ratusan Mahasiswa UB Alami Keracunan Makanan Saat Ikuti KKM Ratusan Mahasiswa UB Alami Keracunan Makanan Saat Ikuti KKM. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ratusan mahasiswa Fakultas Teknik (UB) mengalami keracunan makanan saat mengikuti kegiatan Kemah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kecamatan Wagir, Kabupaten , . Kegiatan KKM tersebut sesungguhnya dilaksanakan pada 6-9 Februari 2023 di Desa Jedong.

drg. Wijanto Wijoyo selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten mengatakan terdapat kurang lebih sebanyak 510 orang mahasiswa yang mengalami keracunan makanann. Ratusan mahasiswa tersebut mengalami gejala diare, pusing, dan mual.

"Ada sebanyak 510 mahasiswa yang mengalami keracunan makanan hasil konfirmasi Puskesmas Wagir, dengan gejala mual, muntah dan pusing", kata Wijanto.

Wijanto menjelaskan juga bahwa dari 510 orang mahasiswa yang mengalami keracunan makanan, sebanyak 8 orang harus menjalani perawatan di Puskesmas Wagir, dan 5 orang telah dipulangkan.

"Kami sudah menurunkan tim penyelidikan epidemiologi ke lokasi untuk mencari dan mengambil sampel sisa makanan atau minuman dan termasuk melihat kondisi pasien lain", tutur Wijanto.

Berdasarkan keterangan para saksi, keracunan makanan yang dialami oleh mahasiswa UB tersebut terjadi pada hari Selasa (7/2) pukul 00.30 WIB. Sebelumnya, para mahasiswa mendapatkan jatah makanan pada senin (6/2) sore dengan menu nasi putih dan capcay.

"Kemudian mereka makan malam kurang lebih pukul 21.00 WIB dengan menu nasi putih dan telor masakan bumbu Bali. Namun, pada pukul 00.30 WIB, mulai ada gejala yang diduga akibat keracunan makanan", ujarnya.

Pihak Puskesmas Wagir sudah mengambil contoh makanan dan dikirimkan ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten untuk diteliti.

Sementara itu, pihak UB menyatakan sejumlah mahasiswa yang mengalami gejala keracunan diperiksa kondisinya di Rumah Sakit ().

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO