Warga Ngawen Gresik Keluhkan Proyek Pembangunan Parkir Khusus untuk Truk

Warga Ngawen Gresik Keluhkan Proyek Pembangunan Parkir Khusus untuk Truk Kecamatan Sidayu saat menggelar FGD. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kepala Desa (Kades) Ngawen, Kecamatan Sidayu, Abdul Ghofur, mengungkapkan beberapa hari ini pihak desa ditanyai warga mengenai proyek parkir khusus (untuk truk dan dump truk) di selatan Puskesmas Sidayu.

Proyek dengan anggaran Rp3 miliar ini akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) . Warga mengeluhkan proyek itu tak pernah ada pemberitahuan dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kami selalu ditabraki warga soal proyek ini. Padahal kami belum dikabari sama sekali. Kegiatan ini bisa dibilang telat. Sehingga harus sosialisasi di desa," ujarnya saat mengikuti focus group discussion (FGD) Sosialisasi Pembangunan Parkir Khusus Truk dengan anggota DPRD , di Pendopo Kecamatan Sidayu, Rabu (1/3/2023).

Ia menjelaskan, selama ini lokasi proyek parkir sebelumnya sering dijadikan para pemuda Ngawen untuk bermain sepakbola. Belum lagi adanya 12 makam yang terdampak. Hal ini juga perlu dipikirkan.

"Kami meminta agar masyarakat Ngawen diprioritaskan, khususnya kalau ada lowongan pekerjaan," pintanya.

Sementara itu, Mustajab selaku anggota DPRD menjelaskan bahwa proyek parkir khusus truk dilatarbelakangi adanya aturan jam bebas operasional kendaraan truk di Kota Pudak, yakni pagi mulai pukul 05.00-08.00 WIB dan sore pukul 15.00-18.00 WIB. Namun, aturan itu banyak dilanggar oleh sopir

"Beberapa tahun ini sudah tidak terkendali. Pagi-pagi banyak truk. Bahkan tak jarang menyebabkan banyak pengendara sepeda motor kecelakaan. Ada juga truk yang mogok di jalan, sehingga menyebabkan kemacetan. Mudah-mudahan ada penertiban kembali sesuai Perbup ," ucap Sekretaris DPD PAN ini.

Ia mengingatkan kepada Dinas Perhubungan terkait amdal lalu lintas agar dipersiapkan. Termasuk soal saluran air dan retribusi parkir truk dari luar kota.

"Untuk itu perlu ada komunikasi antara Dishub dengan Pemerintah Desa Ngawen. Apalagi nanti terkait fasum maupun fasos," pintanya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO