Jelang Ramadhan, DKPP Kota Kediri Sidak Swalayan Cek Komoditas PSAT

Jelang Ramadhan, DKPP Kota Kediri Sidak Swalayan Cek Komoditas PSAT Petugas saat mengecek komoditas pangan segar asal tumbuhan (PSAT) di salah satu swalayan di Kota Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menjelang masuknya bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri melakukan sidak ke sejumlah minimarket dan pasar modern.

Sidak yang berlangsung selama dua hari hingga Selasa (21/3/2023) besok ini bertujuan memastikan kemanan dan mutu komoditas () yang usdah teregistrasi. Pangan tersebut terdiri dari buah, sayuran, rempah-rempah, dan biji-bijian.  

Adapun 5 swalayan yang disasar DKPP kali ini adalah Borobudur, , Samudra Supermarket, Hypermart, dan Superindo. 

Mohammad Ridwan, Kepala DKPP Kota Kediri, mengatakan kegiatan ini menindaklanjuti UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan UU nomor 18 tahun 2012 tentang pangan.

Sebab, komoditas rentan terhadap cemaran bahan kimia, biologi, dan fisik, karena pengolahan yang minimal. Baik selama proses produksi, panen, kemudian distribusi, penyimpanan hingga sampai ke tangan konsumen.

"Karena itu perlu adanya penjaminan/sertifikasi terhadap keamanan dan mutu ," ujarnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO