Sebelum Lebaran 1444 H, Bupati Gresik Targetkan Jembatan Kacangan Sudah Bisa Difungsikan

Sebelum Lebaran 1444 H, Bupati Gresik Targetkan Jembatan Kacangan Sudah Bisa Difungsikan Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, bersama wakilnya Aminatun Habibah, didampingi Sekda Achmad Washil Miftahul Rachman, dan Kabag Prokopim, Imam Basuki, saat memberikan penjelasan progres Jembatan Kacangan. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Impian masyarakat Dusun Kacangan, Desa Bulurejo, dan Desa Gluran Ploso, Kecamatan Benjeng, khususnya, dan masyarakat pada umumnya, bisa kembali memanfaatkan akses Jembatan Kecangan, segera terwujud.

Bupati , Fandi Akhmad Yani, menyatakan bahwa progres pengerjaan Jembatan Kacangan, di Dusun Kacangan, Desa Bulurejo, Kecamatan Benjeng dalam tahap finishing (rampung).

"Ditargetkan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023 ini, jembatan sudah bisa difungsikan, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan jembatan itu untuk aktivitas lalu lintas kembali setelah ambles pada Desember 2021" ucap bupati, didampingi Kabag Prokopim Pemkab , Imam Basuki kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (11/4/2023).

Menurut ia, pembangunan Jembatan Kacangan sempat menemui kendala. Hal ini lantaran musim hujan sudah turun. Sehingga, debit air naik.

"Sehingga, pekerjaan beberapa kali terganggu. Akibatnya, pembangunan tidak lancar," tuturnya.

Ia menegaskan, kondisi pembangunan Jembatan Kacangan yang tak bisa on schedule sesuatu kontrak karena keadaan darurat. Faktor alam. Air Kali Lamong naik. Bahkan meluap. Kondisi ini telah disampaikan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Saya sudah ajak BPK ke lokasi jembatan. Dan BPK memahami. Membenarkan karena ada force majeure (keadaan darurat)," bebernya.

Kepala DPUTR , Dhiannita Tri Astuti, saat meninjau pekerjaan Jembatan Kacangan. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

Ia lantas menjelaskan, apa yang telah dilakukan pasca Jembatan Kacangan ambles pada 20 Desember 2021.

Dikatakan ia, pascajembatan ambles kemudian, gerak cepat yang dilakukannya bersama OPD terkait adalah, pembahasan schema dan estimasi kebutuhan anggaran. Termasuk pergeseran dan realokasi anggaran di Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) sampai akhir bulan Desember 2021.

"Setelah itu, untuk perbaikan jembatan dilaksanakan tahapan survei dan soundir tanah, serta alur sungai. Lalu kajian dan analisa teknis oleh tim ahli dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) atas penyebab amblesnya jembatan pada bulan Januari 2022," terangnya.

"Selanjutnya, dilakukan ekspos hasil kajian kepada semua pihak terkait pada awal bulan Pebruari 2022," sambungnya.

Lebih jauh bupati menyatakan, usai kajian kemudian dilakukan pemilihan tim konsultan perencana teknis dan penyusunan desain baru Detail Engineering Design (DED) kontruksi, Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) jembatan dengan dasar hasil kajian tim ahli terkait penyebab amblesnya jembatan.

"Itu kami lakukan pada bulan Pebruari-Maret 2022. Ini kami bergerak cepat agar jembatan bisa kembali bisa difungsikan, bebernya.

Adapun penyerahan dokumen lelang oleh DPUTR pada Bagian Lelang dan Pengadaan (BLP) pada bulan Maret, dan dilakukan review oleh tim pokja BLP dan inspektorat pada bulan Maret-April 2022.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO