Penyimpangan Hibah UMKM Rp19,6 Miliar, Kejari Gresik Ambil Barang Bukti di Kantor Diskoperindag

Penyimpangan Hibah UMKM Rp19,6 Miliar, Kejari Gresik Ambil Barang Bukti di Kantor Diskoperindag Kantor Diskoperindag Gresik. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) bekerja maraton mengusut dugaan korupsi hibah kelompok usaha mikro (KUM) atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah () dengan e-Katalog.

Hibah ini diangarkan pada APBD 2022 sebesar Rp19,6 miliar. Dari anggaran sebesar itu, sudah tersalurkan Rp17,9 miliar untuk 774 KUM.

Kepala Kejari , Nana Riana, telah mengekpose kasus itu setelah minta keterangan 144 KUM. 

Hasilnya, penyidik sementara menemukan kerugian negara Rp1,02 miliar. Penyidik juga meningkatkan status perkara dari penyelidikan (lid) ke penyidikan (dik).

Kamis (15/6/2023), giliran tim penyidik Pidsus mendatangi Kantor Diskoperindag . Tujuannya, untuk mengamankan barang bukti (BB) barang-barang hibah KUM yang telah dibeli oleh penyedia. Tim Pidsus mengambil barang bukti.

"Tidak ada penggeledahan. Hanya pengambilan barang," ucap Kasi Pidsus Kejari , Alifin Nurahmana Wanda kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (21/6/2023).

Sementara itu, informasi yang didapatkan menyebutkan, sejumlah barang hibah untuk KUM yang telah terbeli dari anggaran Rp17,9 miliar disimpan di gudang diskoperindag

Barang bukti itu antara lain, kulkas, kendaraan bermotor roda tiga, perlengkapan usaha laundry, jualan makanan, dan lainnya.

"Iya barang-barangnya disimpan di gudang Diskop," ujar salah satu pegawai. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO