Bupati Kediri Genjot Peningkatan Sarana Prasarana Pertanian di Bumi Panjalu

Bupati Kediri Genjot Peningkatan Sarana Prasarana Pertanian di Bumi Panjalu Petugas saat mengecek traktor roda dua, salah satu alsintan yang akan dibagikan kepada petani. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkab secara berkala terus melakukan peningkatan sarana prasarana pertanian guna mendukung pertanian di Bumi Panjalu.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten , Anang Widodo, mengatakan bahwa pengembangan kawasan pertanian berbasis keunggulan komparatif dan komoditas saat ini diutamakan sebagai salah satu program prioritas bupati.

Peningkatan sarana prasarana pertanian baik melalui sumber dana APBN maupun APBD terus dilakukan sejak awal kepemimpinan . Diungkapkan, bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dilakukan melalui pola hibah uang, dengan harapan bantuan yang diberikan sesuai spesifikasi yang dibutuhkan petani.

"Karena lahan di masing-masing daerah berbeda, kadang peralatan ini perlu dilakukan custom. Melalui pola hibah uang tersebut, alsintan yang dibutuhkan diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal," kata Anang, Senin (26/6/2023).

Pada tahun ini sampai dengan Juni 2023, bantuan alsintan yang siap disalurkan berupa 3 unit traktor roda 4, 10 unit traktor roda 2, 21 unit cultivator. Selain alsintan, prasarana pertanian terus dikembangkan dan ditingkatkan baik secara kuantitas dan kualitas pertanian.

Pekerjaan yang segera dilakukan sebanyak 28 unit pekerjaan. Rinciannya, pekerjaan rehab saluran irigasi tersier di 10 titik dan jalan usaha tani 18 titik.

Adapun, pada 2021-2022, ada 2.880 unit alsintan yang diperbantukan kepada petani. Alsintan tersebut disalurkan untuk mendukung usaha pertanian pada tahap penyiapan lahan, budidaya maupun pasca panen.

Sedang, dalam bidang prasarana pertanian telah dibangun saluran irigasi sepanjang 14.412 meter sebanyak 62 lokasi, jalan usaha tani sepanjang 8.544 meter sebanyak 35 lokasi.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO