Pemdes Sukorejo Gelar Kirab Budaya ke Situs Calon Arang Kediri

Pemdes Sukorejo Gelar Kirab Budaya ke Situs Calon Arang Kediri Kirab budaya menuju Situs Calon Arang yang rutin digelar oleh Pemerintah Desa Sukorejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah , Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, menggelar kirab budaya dari Balai menuju ke di Dusun Butuh, desa setempat, Minggu (30/7/2023).

Kirab budaya tersebut dilakukan setiap tahun oleh Pemdes Sukorejo dan masyarakat setempat untuk menyambut datangnya bulan Suro dalam penanggalan jawa.

Kirab yang dipimpin oleh Kepala , Supandi, tersebut dimulai dari balai desa dan finis di dengan berjalan kaki sejauh sekitar 2 km.

Di sepanjang jalan yang dilalui, ratusan warga dan sekitarnya tumpah ruah menyaksikan prosesi kirab. Prosesi kirab dilakukan oleh peserta dengan memakai pakaian adat jawa.

Mereka membawa 4 gunungan yang disebut sebagai gunungan kakung berisikan aneka hasil bumi berupa sayur-mayur dan buah-buahan. Serta satu gunungan putri yang berisi tumpeng dan makanan yang sudah matang.

Sebelum tiba di , empat gunungan yang berisi sayur-mayur dan buah-buahan tersebut menjadi rebutan warga. Warga meyakini jika mendapatkan aneka hasil bumi dari gunungan tersebut bakal memperoleh keberkahan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO