Tanggapi Keluhan Petani Tembakau, Menteri Perdagangan Fasilitasi Pertemuan di Kediri

Tanggapi Keluhan Petani Tembakau, Menteri Perdagangan Fasilitasi Pertemuan di Kediri Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, saat memberi keterangan kepada awak media. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, beraudiensi dengan petani tembakau dari Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, di Hotel Grand Surya, Kota , Rabu (2/8/2023).

Dalam kesempatan tersebut, mereka mengutarakan isi hatinya kepada menteri terkait jatuhnya harga tembakau yang dibeli Perusahaan rokok seperti PT Gudang Garam Tbk dan PT Djarum Kudus.

Romadhon, salah seorang petani tembakau asal Wonosobo, mengatakan bahwa tahun 90 an, harga 1 kg tembakau hampir sama dengan harga 1 gram emas. Waktu itu, harga 1 gram emas, sekitar Rp30 ribu. Sedangkan harga tembakau perkilogram nya mencapai Rp27 ribu.

"Sekarang ini harga satu gram emas hampir Rp. 1 juta, sementara harga 1 kg tembakau hanya Rp. 50 ribu. Selisihnya begitu banyak padahal biaya produksi per 1 kg tembakau mencapai Rp. 60 ribu. Jadi, kami selalu rugi," ujarnya.

Menurut dia, harga jual tembakau sudah murah, ironisnya harga pupuk malah mahal dan sulit didapatkan. Dengan pertemuan ini, lanjutnya, para petani berharap perusahaan rokok dapat menaikkan harga beli tembakau, agar petani tidak terus merugi.

"Tentunya kami sangat berterima kepada Pak Menteri yang telah memfasilitasi dan dan mempertemukan para petani dengan pihak perusahaan rokok. Semoga perusahaan rokok terketuk hatinya,"harap Romadhon.

Hal senada juga disampaikan Rohman, petani tembakau dari Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung. Rohman berharap, setelah pertemuan dengan pihak perusahaan rokok yang difasilitasi oleh Menteri Perdagangan ini, ada perkembangan yang baik dan harga tembakau bisa naik.

"Kami hanya bisa berharap agar perusahaan rokok bisa membeli tembakau dari petani dengan harga yang tidak merugikan petani,", ujarnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, mengatakan, bahwa ia datang k ini memang untuk memfasilitasi pertemuan antara para petani tembakau dari Temanggung dan Wonosobo dengan PT Gudang Garam Tbk.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO