Kali Udal Gumuk, Sungai Bening di Magelang yang Cocok untuk Berenang

Kali Udal Gumuk, Sungai Bening di Magelang yang Cocok untuk Berenang Kali Udal Gumuk, Sungai Bening di Magelang yang Cocok untuk Berenang. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kali Udal Gumuk merupakan sungai yang berasal dari mata air yang sejuk dan segar. Lokasi Kali Udal Gumuk beradal di Desa Treko, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jarak tempuh ke Kali Udal Gumuk dari pusat Kota Magelang adalah sekitar 14 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Saat ini belum ada tarif tiket masuk ke Kali Udal Gumuk. Pengunjung hanya perlu membayar seikhlasnya di kota yang telah disediakan di area parkir.

Kali Udal Gumuk memiliki fasilitas wisata, seperti warung makan, toilet dan kamar mandi. Banyak masyarakat yang membendung aliran sungai untuk dijadikan kolam karena airnya yang sangat jernih.

Sumber foto: Ist

Pengunjung dapat berenang atau bermain air. Kolam yang tersedia juga tidak terlalu dalam, hanya sekitar perut orang dewasa. Bagian sungai yang paling dalam ada di sekitar grojogan yang mengalir ke kolam.

Pengunjung juga bisa melihat mata air yang menjadi sumber aliran sungai secara langsung. Namun, pengunjung dilarang berenang di kawasan mata air karena airnya diambil untuk keperluan masyarakat menggunakan pompa.

Kali Udal Gumuk menyediakan fasilitas sewa ban seharga Rp 5.000 untuk dipakai sepuasnya. Tidak ada jam operasional Kali Udal Gumuk sehingga tempat ini banyak digunakan untuk lokasi camping.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO