Kerja Sama dengan PTB, PTFI Kelola Limbah Konstruksi Bernilai Ekonomis

Kerja Sama dengan PTB, PTFI Kelola Limbah Konstruksi Bernilai Ekonomis PTB saat ikuti pameran investasi, industri, dan UMKM yang diinisiasi oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP Gresik di GressMall. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - (PTFI) bekerja sama dengan pusat transformasi bersama () mengelola limbah konstruksi dari proses pembangunan di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Kerja sama ini sebagai komitmen PTFI untuk terus mengedepankan pembangunan berkelanjutan.

yang diresmikan pada November 2022 merupakan hasil kerja sama PTFI dengan Yayasan Takmir Masjid Manyar (Yatamam) dan (RMP) di Desa Manyarejo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

memiliki fungsi utama untuk mengelola sampah daur ulang sementara (temporary recyclable waste transfer facility) dari proyek pembangunan smelter.

"Fasilitas ini mengupayakan pemulihan material melalui konsep daur ulang, sehingga dapat mengurangi sampah anorganik dibuang langsung ke tempat pembuangan akhir (TPA)," ucap CSR Superintendent PTFI, Nana Suharna, Kamis (2/11/2023).

Ia berharap, kehadiran dapat memberikan manfaat sosial kepada masyarakat sekitar.  melakukan pemilahan limbah konstruksi secara langsung di lokasi pembangunan smelter. Selanjutnya, diolah di .

"Penjualan hasil produk pengolahan limbah konstruksi yang sudah memiliki nilai tambah tersebut dilakukan oleh pihak ketiga," ungkapnya.

Salah satu pengelolaan limbah konstruksi adalah pengelolaan besi sisa tiang pancang, kayu, dan material sisa konstruksi lainnya melalui proses upcycling untuk menjadi produk mebel.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO