Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Bimtek Pengawasan dan Pengelolaan Karsipan

Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Bimtek Pengawasan dan Pengelolaan Karsipan Para peserta Bimtek foto bersama dengan Kanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono dalam kegiatan Bimtek Pengawasan dan Pengelolaan Kearsipan di Hotel Fave Max Tunjungan Surabaya, Kamis (2/11/2023).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Guna mendukung pertanggungjawaban yang akuntabel terhadap pelayanan publik, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan dan Pengelolaan Kearsipan di Hotel Fave Max Tunjungan Surabaya, Kamis (2/11/2023).

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri Kadiv Administrasi, Saefur Rochim, Kadiv Yankumham, Nur Ichwan. Selain itu, narasumber berasal dari Biro Umum Kemenkumham RI, Subkoor Pengelolaan Inaktif, Emon A. Kohar dan Arsiparis Muda Biro Umum, Andi Budi Satriaji.

Bimtek itu, diawali oleh Laporan Kadiv Administrasi, Saefur Rocim yang menyampaikan kegiatan dilaksanakan secara hybrid. Baik daring maupun luring diikuti sebanyak 160 peserta dari 63 Unit Pelaksana Teknis di jajaran Kantor Wilayah Jawa Timur.

"Kami berharap ke depan seluruh UPT dapat mengolah kearsipan dengan benar dan memelihara arsip sesuai dengan ketentuan yang berlaku," terangnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono menegaskan, peran penting arsip sebagai alat bukti, legitimasi, informasi dan sumber belajar.

Ia menyampaikan, arsip memiliki peran penting sebagai alat bukti, legitimasi, informasi, dan sumber belajar.

Oleh karena itu, lanjut Yani, pengelolaan arsip harus dilakukan secara tertib dan teratur agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

"Dengan pengelolaan kearsipan yang baik, tentu akan memudahkan proses kerja kita menjadi lebih efektif dan efisien pula," terangnya.

Selain itu, pengelolaan arsip yang baik, apalagi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi publik, juga merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban yang akuntabel terhadap pelayanan yang kita berikan kepada publik.

"Kami berharap agar peserta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan memberikan masukan yang konstruktif," tuturnya. (cat/sis)

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO