Gegara Rayuan Istri, Adam Dideportasi dari Surga, Tafsir Al-Quran Aktual HARIAN BANGSA

Gegara Rayuan Istri, Adam Dideportasi dari Surga, Tafsir Al-Quran Aktual HARIAN BANGSA Dr. KH. Ahmad Musta'in Syafi'i, M.Ag

Oleh: Dr KH Ahmad Musta’in Syafi’i, M.Ag

Rubrik ini diasuh oleh pakar tafsir Dr. KH. A. Musta'in Syafi'i, Mudir Madrasatul Qur'an Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Kiai Musta'in selain dikenal sebagai mufassir juga ulama hafidz (hafal Al-Quran 30 juz). Tafsir ini ditulis secara khusus untuk pembaca HARIAN BANGSA, surat kabar yang berkantor pusat di Jl Cipta Menanggal I nomor 35 Surabaya. Tafsir ini terbit tiap hari, kecuali Ahad. Nah, kali ini tafsir Surat Thaha: 123. Selamat mengikuti.

REDAKSI BANGSAONLINE

THAHA :123

TAFSIR

Pada ayat sebelumnya dikatakan bahwa Adam itu durhaka (‘asha) dan melanggar (ghawa). Lalu pada ayat ini dijelaskan perihal hukuman yang diterapkan kepadanya, yakni dideportasi dari surga, turun ke bumi.

Dari kajian linguistik, ada keindahan pada terma yang digunakan Tuhan, sekaligus rahasia makna yang cukup dalam. Pernyataan Tuhan saat memvonis Adam menggunakan kalimah “fi’il”, yakni “asha” dan “ghawa, tidak menggunakan bentuk isim, isim fa’il, yakni : “Ashi”dan “Ghawi”. Bedanya apa..?

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO