Selama 2023, Satpol PP Kabupaten Malang Tekan Peredaran Rokok Ilegal Lewat Operasi Gabungan

Selama 2023, Satpol PP Kabupaten Malang Tekan Peredaran Rokok Ilegal Lewat Operasi Gabungan Petugas Satpol PP Kabupaten Malang saat melakukan pemeriksaan.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Satpol PP Kabupaten aktif melakukan operasi gabungan bersama pihak terkait dalam pemberantasan bea cukai ilegal hasil tembakau yang menyasar warung kelontong, toko, hingga ke rumah-rumah warga.

Kabid Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kabupaten , Teddy Wiryawan Priambodo, mengatakan bahwa tim telah melakukan kegiatan operasi gabungan yang diawali sejak 2019 lalu.

"Memang kegiatan ini jarang terekspos melalu media. Namun kami mencoba untuk memberikan ruang dan informasi kepada publik untuk mengetahui bahwa Satpol PP dengan Bea Cukai sudah melakukan kegiatan di lapangan," ujarnya kepada awak media, Senin (4/12/2023).

Selama ini, kata Teddy, banyak masyarakat yang bertanya-tanya terkait kegiatan Satpol PP Kabupaten dan Bea Cukai dalam pemberantasan rokok ilegal. Hal itulah yang belum diinformasikan ke publik.

"Yang sering kita liput kegiatan adalah sosialisasi cukai mulai dari kegiatan keagamaan, olahraga, seni budaya, dan lainnya. Dan justru melalui penegakan hukum ini yang lebih dominan, dan ini sebenarnya adalah pada pengumpulan informasi dan operasi gabungan," paparnya.

Berdasarkan hasil yang disampaikan M. Kasim selaku Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten , operasi gabungan terkait rokok ilegal ini dilakukan berdasarkan peraturan menteri keuangan RI nomor 206 di tahun 2020, dan diperbarui Permenkeu nomor 215 dan dilanjut edaran Mendagri nomor 906.

"Yang ditangani Satpol PP dalam operasi gabungan adalah peredaran rokok di lapangan. Dalam kegiatan tersebut, kita dibekali dengan surat tugas dan bekerja sama dengan kantor bea cukai selaku bidang penegakan," ucapnya.

Kasim menjelaskan, target yang dilaksanakan selama operasi gabungan ada di 33 Kecamatan di Kabupaten , di mana dari puluhan daerah itu terbagi sesuai dengan jadwal.

"Satpol PP sendiri dalam tahun 2023 kegiatannya sesuai target sebanyak 24 kali operasi bersama yang melibatkan Satpol PP, Bea Cukai dan Denpom," katanya.

Sementara dari hasil operasi di lapangan, tidak semua wilayah kecamatan di Kabupaten memiliki peredaran rokok ilegal, artinya kalau dihitung dari laku tidaknya akan mempengaruhi pada peredarannya. Sehingga, Bea Cukai telah menetapkan beberapa daerah yang mana telah dibagi dengan 3 zona. 

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO