Peringati Hari Bela Negara ke-75, Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Cintai Tanah Air

Peringati Hari Bela Negara ke-75, Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Cintai Tanah Air Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan aksi nyata cinta kepada tanah air guna mewujudkan cita-cita, dan kesejahteraan bangsa menuju Indonesia Maju. Menurut dia, hal itu sejalan dengan peringatan Hari Bela Negara Ke-75 tahun ini yang mengangkat tema 'Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju'.

"Hari Bela Negara ini merupakan momentum penting bagi kita untuk bersatu berkontribusi mewujudkan aksi nyata demi cinta tanah air. Sekaligus mengantarkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan," kata  saat menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Bela Negara ke-75 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (19/12/2023).

"Hari Bela Negara menjadi saat yang tepat untuk bersatu dan berkontribusi mewujudkan aksi nyata sesuai dengan kemampuan dan profesi masing-masing dalam membela tanah air Indonesia," imbuhnya.

Selain itu, gubernur juga mengajak untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sebagai salah satu wujud bela negara dalam keseharian. Di mana, merupakan dasar untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ia menjelaskan, juga menjadi penting dalam situasi tahun politik seperti saat ini. Mengingat adanya eskalasi politik terutama antar pendukung atau simpatisan pasangan calon presiden-wakil presiden.

"Dengan inilah, terutama sila ke-3 tentang persatuan Indonesia dapat menjadi pengingat bersama bahwa persatuan itu harus diutamakan di tengah kondisi apapun termasuk jelang Pemilu 2024," ujarnya.

Dengan persatuan, lanjut , tujuan untuk membawa Indonesia Maju seperti yang tertuang dalam amanat Presiden Joko Widodo akan terwujud sesuai dengan cita-cita bersama menuju Indonesia Emas 2045.

"Cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara dan Indonesia Emas akan terwujud pada tahun 2045 mendatang," ucapnya sesuai amanat presiden.

Di Jawa Timur, kata , Pemprov Jatim pun telah berkontribusi untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Maju dan Indonesia Emas 2045. Hal itu dibuktikan dengan sejumlah torehan nyata dari generasi emas asal Jawa Timur.

"Siswa Jawa Timur menjadi juara umum Olimpiade Sains Nasional selama tiga tahun berturut-turut sejak 2020 hingga 2022. Sementara tahun 2023 mendominasi medali untuk bidang Matematika," tuturnya.

Prestasi dalam hal OSN ini menjadi salah satu bukti bahwa pendidikan di Jawa Timur, melalui program Jatim Cerdas yang menjadi bagian dari Program Nawa Bhakti Satya, telah berhasil meningkatkan kualitasnya melalui berbagai upaya yang telah dilakukan.

Hal itu juga terbukti selama empat tahun berturut-turut, jumlah siswa Jatim yang diterima perguruan tinggi tanpa tes menjadi yang tertinggi secara nasional. Jumlah siswa Jatim yang diterima jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) pada 2023 mencapai sejumlah 23.477 orang.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO