Nasib Sumber Ubalan Kediri yang Kini Merana, Tutup Karena Covid-19, Belum Buka Lagi hingga Kini

Nasib Sumber Ubalan Kediri yang Kini Merana, Tutup Karena Covid-19, Belum Buka Lagi hingga Kini Agus, salah satu karyawan bagian kebersihan tempat Wisata Sumber Ubalan saat sedang menyapu. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebelum ada pandemi Covid-19 awal tahun 2020 lalu, Wisata Alam , di Dusun Kalasan, , Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten , Jawa Timur, selalu ramai pengunjung, terutama pada hari Sabtu - Minggu.

Daya tarik wisata alam yang terletak ±18 Km (±30 menit) ke arah timur dari pusat Kota itu berupa hutan lindung alami yang luasnya kurang lebih 10 hektare, dengan berbagai jenis pohon berumur ratusan tahun yang rindang.

Di samping itu, juga terdapat sumber air yang jernih di tengah hutan yang tentunya berhawa sangat sejuk.

Kolam di yang berkonstruksi dinding beton dibangun, pada zaman Kolonial Belanda. Kawasan juga menyediakan kolam renang, kolam pancing, panggung terbuka, kolam perahu, restoran atau warung-warung yang berjejer rapi, mainan anak-anak, serta taman yang ditata indah nan asri.

Tapi, kini kondisinya sungguh merana dan memprihatinkan. Beberapa bangunan warung dan tempat pertemuan tampak rusak. Atap terlihat rapuh dan terancam ambruk.

Agus, salah satu petugas kebersihan di Wisata Alam Sumber Ubalan, menceritakan bahwa sebelum ada pandemi Covid-19, wisata ini selalu ramai pengunjung. Tiket masuknya juga tidak terlalu mahal, hanya Rp10 ribu untuk orang dewasa dan Rp8 ribu untuk anak-anak.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO