Durian 'Sarti' Peringkat 2 dalam Identifikasi Durian Lokal Kebonrejo Kediri

Durian Agus saat menunjukkan durian 'sarti' yang mendapat peringkat kedua saat dilakukan identifikasi oleh tim dispertabun. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebelum digelar (Jamboren) tanggal 24 - 25 Februari 2024 di , Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, tim identifikasi dari Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri melakukan pengamatan terhadap durian lokal Kebonrejo.

Dalam identifikasi tersebut, durian sarti milik Agus mendapat peringkat ke-2 dari 17 durian lokal Kebonrejo yang dinilai. Sedangkan peringkat pertama diperoleh durian sabet milik Widodo.

Menggunakan alat refractometer, tim mengecek satu per satu varietas buah durian yang dianggap unggul.

Terdapat 17 varietas yang diuji dan diidentifikasi mulai dari rasa, warna, aroma, tekstur, dan juga kadar kemanisan. Identifikasi tersebut dilakukan untuk mengetahui potensi durian unggul lokal .

Untuk peringkat 5 besar durian lokal unggul Kebonrejo adalah durian sabet, durian sarti, durian mutiara, durian cincin, dan durian bapak.

Samsul, petugas dari dinas pertanian dan perkebunan, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat potensi besar Kebonrejo. Sehingga nanti dari beberapa varietas ini, ke depan akan dievaluasi terus mana yang memiliki sifat lebih unggul.

Kemudian, kestabilan dari sifat varietas itu akan didaftarkan serta akan menjadi lokal unggul dari Kabupaten Kediri. Tidak menutup kemungkinan bisa dilepas sebagai unggul Nasional Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan yang pertama menyongsong digelarnya kegiatan jamboren di Desa Kebonrejo. Sehingga pada saat kegiatan pada hari Sabtu dan Minggu, kita bisa mengidentifikasi varietas atau varian dari durian," terang Samsul.

Samsul mencontohkan salah satu durian, yaitu durian sabet. Durian ini mempunyai sifat keunggulan mulai dari tekstur hingga edible portion. Artinya, dapat menghitung berapa persen yang dapat dimakan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO