Pj Gubernur Jatim Launching Beras 'Jatim Cettar' Melalui Korporasi Petani di Jombang

Pj Gubernur Jatim Launching Beras PJ Gubernur Jatim Adhy Karyono saat launching Beras 'Jatim Cetar' di Jombang. Foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jawa Timur, , meluncurkan program penguatan korporasi petani di , Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang pada hari Selasa, 14 Mei 2024.

Program korporasi petani merupakan upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk meningkatkan kesejahteraan petani, ketahanan pangan, dan mengendalikan inflasi melalui korporasi petani dengan sistem resi gudang (SRG).

"Soft launching penguatan korporasi petani ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, ketahanan pangan, dan mengendalikan inflasi di daerah," ujar Adhy.

Adhy menjelaskan bahwa keberadaan korporasi ini memberikan kesempatan bagi Provinsi Jawa Timur untuk pertama kalinya memiliki merek komoditas pangan yang dihasilkan oleh petani, yaitu beras kemasan dengan merek 'Jatim Cettar'.

"Ini merupakan momen pertama di mana para petani bersatu, mengumpulkan hasil panen, dan menjualnya kepada korporasi dengan merek 'Jatim Cettar', yang kemudian dibeli oleh badan usaha milik daerah (BUMD)," jelasnya.

Sementara itu, , Sugiat, dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Kabupaten Jombang, 90 persen petani padi telah melakukan panen. Namun, di wilayah ini, terjadi surplus beras sebesar 100 ton per tahun.

"Seperti yang kita ketahui, 90 persen petani di Jombang telah melakukan panen, namun setiap tahun kita mengalami surplus beras sebesar 100 ton," ucapnya.

Oleh karena itu, peluncuran program penguatan korporasi petani ini akan terus berlanjut, karena langkah ini sejalan dengan program pemerintah dalam mengembangkan sektor agrobisnis. (aan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO