Kementerian PAN-RB Lakukan Verifikasi dan Observasi Layanan Publik di Polresta Sidoarjo

Kementerian PAN-RB Lakukan Verifikasi dan Observasi Layanan Publik di Polresta Sidoarjo Tim Penilai Independen dari Kementerian PANRB saat melakukan tahap verifikasi dan observasi lapangan di Polresta Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyelenggarakan (PKRI) Pelayanan Publik Tahun 2024 di , Rabu (24/7/2024).

PKRI pelayanan publik ini sebagai bentuk evaluasi menyeluruh terhadap pembinaan inovasi pelayanan publik yang dihasilkan dari (KIPP).

Pelaksanaan PKRI pelayanan publik dilakukan dengan dua metode. Yakni penilaian mandiri atau self-assessment yang dilakukan oleh penyelenggara inovasi bersama unit penyelenggara pelayanan publik, dan kemudian dilanjutkan dengan penilaian oleh Tim Penilai Independen (TPI) yang meliputi desk evaluasi, presentasi dan wawancara, serta verifikasi dan observasi lapangan.

Pada pelaksanaan PKRI pertama tidak semua instansi pemerintah diikutsertakan. Dalam Pengumuman PKRI 2024 yang ditandatangani Plt. Deputi Pelayanan Publik pada 17 April 2024 lalu, terdapat 631 instansi pemerintah dan 979 inovasi yang telah ditentukan sebagai lokus dan objek PKRI 2024.

Adapun inovasi tersebut berasal dari Top Inovasi KIPP dari 2014 hingga 2023, serta inovasi hasil replikasi dari Top Inovasi KIPP. Termasuk di dalamnya adalah layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online .

Setelah melalui tahap desk evaluasi, presentasi, dan wawancara terhadap layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online , dilakukan tahap verifikasi dan observasi lapangan yang dilakukan Tim Penilai Independen dari Kementerian PANRB, pada Rabu (24/7/2024).

Tim Penilai Independen yang datang ke , diketuai Dr. Amril Hans bersama anggotanya Dr. Sawitri Budi Utami dan Dr. Hendri Koeswara.

Turut hadir mendampingi mereka, antara lain Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing beserta pejabat utama dan Sekda Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO