Pemdes Tanah Landean Gresik Gencar Tingkatkan Kesehatan Warga dengan Bantuan Susu

 Pemdes Tanah Landean Gresik Gencar Tingkatkan Kesehatan Warga dengan Bantuan Susu Kades Tanah Landean Feri Hermawan (kanan) saat memberikan bantuan susu kepada anak-anak. FOTO: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kepala Desa (Kades) Tanah Landean, Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, menyampaikan, Pemerintah Desa (Pemdes) Tanah Landean komitmen dalam peningkatan .

"Peningkatan menjadi salah satu program prioritas di desa kami," ucap , Jumat (26/7/2024).

Disampaikan Feri, peningkatan sebagai bagian dari ikhtiar untuk bersama-sama dalam menjaga kesehatan demi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

"Program ini bagian ikhtiar kami dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di bidang kesehatan," tuturnya.

Ia menyatakan, untuk mendukung program kesehatan, Pemdes Tanah Landean mengalokasikan Dana Desa (DD) sebesar Rp 100 juta pertahun. Anggaran tersebut untuk mendukung kegiatan posyandu, penanganan stunting dan ibu hamil beresiko tinggi serta honor kader kesehatan.

"Jadi kita menggandeng tenaga kesehatan dan kader kesehatan di desa, mereka yang menjadi ujung tombak," tuturnya.

Kades mengungkap, program tersebut disambut antusias warga. Sebab, pemerintah desa menggelar kegiatan tersebut sebulan sekali. Dalam satu kali kegiatan posyandu, kata Feri, ada sekitar 150 orang lansia maupun pra lansia melakukan pemeriksaan.

"Warga bisa tes kolesterol, gula darah dan asam urat gratis beserta obatnya, kami fasilitasi, itu secara berkala," beber Feri.

Pemdes Tanah Landean juga berkomitmen dalam menjaga warganya dari stunting dan gizi buruk. Hal ini diimplementasikan dengan memberikan susu formula dengan merek Morinaga, makanan tambahan dan vitamin kepada balita stunting.

"Anak yang terindikasi stunting kami berikan atensi khusus sehingga mereka bisa terbebas, ini merupakan upaya pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kesehatan," pungkasnya. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO