Dosen Sosiologi UTM Bedah Buku Potret Perjuangan Ulama Bassra Madura

Dosen Sosiologi UTM Bedah Buku Potret Perjuangan Ulama Bassra Madura

BANGKALAN,BANGSAONLINE.com - Badan Silaturrahmi Ulama dan Pesantren Madura (Bassra) menggelar dengan judul 'Sejarah Bassra, Potret Perjuangan Ulama Madura', di Gedung Moh. Nur UTM), Bangkalan, Kamis (24/10/2024).

Buku yang dibedah adalah hasil karya Prof.Dr.Moh.Zahid M.Ag, beserta timnya yang mengulas tentang sejarah perjuangan Bassra dan Madura dalam bingkai keislaman, Indonesia dan Madura.

Baca Juga: Wujudkan Perguruan Tinggi Global Berbasis Lokal, Rektor UTM Minta Doa ke Ulama dan Kiai se-Madura

Dr. Iskandar Dzulkarnain M.Si, Dosen Sosiologi Madura FISIB UTM dan Kepala Pusat Penelitian dan Inovasi Sosial Budaya LPPM UTM, salah satu pem mengkritisi buku tersebut.

Dr.Iskandar Dzulkarnain menjelaskan, buku tersebut lebih banyak bercerita tentang lahirnya dan peran .

Seharusnya, kata dia, peran ulama dan kiai terkait tranportasi sosial-politik belum tergambar dengan baik. Isi buka hanya memuat peran Bassra di masa lalu. Seperti Bassra tentang pembangunan jembatan Suramadu, konflik sambas dan isu .

Baca Juga: Pesan Rektor UTM saat Peringati Hari Santri Nasional 2024

Dalam paparanya, Dzulkarnain menyebut substansi buku belum membahas peran ulama dalam menyikapi masalah modern saat ini.

"Karena peran ulama dan kyai besar di Pulau Madura seperti saat industralisasi, alih fungsi lahan masuk ke Madura, generasi muda tidak lagi minat menjadi petani serta semakin berkurangnya lahan di Madura belum dibahas banyak dalam buku Potret Perjuangan Ulama Bassra," ujarnya.

Baca Juga: Ribuan Santri Ponpes Wali Barokah Kediri Gelar Upacara di Peringatan Hari Santri Nasional 2024

Namun Dzulkarnain mengapresiasi terbitnya buku tersebut sebagai awal yang baik. Ia berharap akan ada lanjutan buku-buku terkait perjuangan Bassra dalam konteks kekinian.

Pembedah juga mengapresisasi terbitnya buku tersebut untuk menambah literasi budaya menulis atau mencatat sejarah.

"Apalagi generasi hari ini masih banyak tidak tahu siapa Bassra, dan siapa pendirinya," tegasnya.

Baca Juga: Cegah Korupsi di Dunia Pendidikan, UTM Gandeng ICW

ia berpesan agar tokoh ulama sentral di Madura untuk bersatu melepas ego sektoralnya agar peradaban masa jaya madura terealisasikan.

Dalam kegiatan Sejarah Bassra, hadir seluruh pengurus Bassra, ulama dan kiai dari ke empat kabupaten di Madura.

Di antaranya Ketua Bassra KH.R.Rofii Baidawi (Pamekasan), KH. Syafi' Rofii (Bangkalan), KH. Moh.Mudassir Badruddin (Pamekasan), KH.Mahrus Abdul Malik (Sampang), KH. Ali Rabini Latif (Pamekasan), KH.Sholahuddin Abd. Waris (Sumenep), KH. Syafiuddin Abd.Wahid (Sampang) dan KH.Muhdlar Abdullah. (uzi/van)

Baca Juga: Selamat! Universitas Trunojoyo Madura Raih Akreditasi Unggul, Pembukaan FK Tinggal Tunggu Waktu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO