APK Pilkada Gresik 2015 belum Terpasang, Ketua KPU: Materi belum Tuntas

APK Pilkada Gresik 2015 belum Terpasang, Ketua KPU: Materi belum Tuntas Ketua KPU Gresik, Akhmad Roni

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sampai sekarang alat peraga kampanye (APK), Cabup-Cawabup Gresik 2015 dari KPU Gresik yang seharusnya sudah terpasang malah sebaliknya belum ada sama sekali. Padahal, waktu kampanye yang dijadwalkan sudah berjalan tiga minggu.

Menanggapi masih belum adanya APK Cabup-Cawabup Gresik 2015 yang belum terpasang. Ketua KPU Akhmad Roni membenarkan karena hal ini disebabkan materi dari ketiga pasangan calon (Paslon) belum tuntas.

"Materi dari ketiga paslon belum tuntas. Padahal, penyedia jasa yang membuat APK sebagai pemenang tender dari Boyolali, Jateng sudah siap," ujarnya saat dihubungi, Senin (14/9).

Lebih lanjut Akhmad Roni mengatakan, KPU Gresik berjanji minggu depan APK ketiga paslon Cabup-Cawabup Gresik 2015 tuntas dan siap dipasang.

"Untuk sosialisasi Pilbup Gresik 2015, kami sudah memasang. Sedangkan APK paslon memang belum dipasang," tutur dia.

Sementara itu, Komisioner KPU Gresik Divisi Hukum, Pengawasan, dan Sumber Daya Manusia (SDM), Choiruz Zimam mengatakan, terkait dengan APK sesuai dengan PKPU nomor 7 tahun 2015 setiap paslon nantinya akan mendapat bagian APK berupa spanduk, poster, dan baliho.

"Ada tiga APK nanti yang akan dibagikan ke tiga paslon Cabup-Cawabup Gresik 2015. Untuk baliho setiap paslon menerima 5 di tiap kabupaten. Sedangkan umbul setiap paslon menerima 20 buah di tiap kecamatan, dan spanduk tiap paslon di desa hanya menerima 2 buah," pungkasnya.

Seperti diketahui, pemasangan APK, selain yang disediakan KPU Gresik, dianggap ilegal. Pasalnya, pihak Panwaslih dan Satpol PP Gresik akan membongkarnya karena itu memang kewenangannya. (jag/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO