Gelapkan Uang Perusahaan, Pasutri Divonis Berbeda

SURABAYA (BangsaOnline) - Vonis berbeda dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya terhadap pasangan suami istri (pasutri) bernama Ching Ling dan Iwan Susatyo. Keduanya dinyatakan terbukti bersalah melakukan penggelapan uang PT Siantar Tiara Estate sebesar Rp 7 miliar.

Dalam putusannya majelis hakim yang diketuai Burhanuddin menjatuhkan vonis pidana penjara terhadap Ching Ling tiga tahun enam bulan sementara terdakwa Iwan divonis tiga tahun penjara. "Terdakwa melanggar Pasal 374 ayat (1) Jo 55 ayat (1) ke-1 KUHP," kata hakim, Kamis (17/4/2014).


Putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa. Sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) I Wayan Ojja Miasta dari Kejari Surabaya menuntut kedua terdakwa Ching Ling empat tahun penjara, sementara Iwan dituntut tiga tahun. Keduanya dinilai terbukti melanggar Pasal 374 KUHP.


Kasus ini terungkap setelah PT Siantar Tiara Estate mengaudit keuangan perusahaan 24 Oktober 2013. Dari situ diketahui adanya perbandingan yang sangat mencolok pada laporan penjualan dan keuangan yang ada. Akhirnya diketahui, Ching Ling yang bekerja sebagai kasir di PT Tiara menggelapkan uang perusahaannya sebesar Rp 7 miliar.


Di persidangan diketahui, uang yang digelapkan Ching Ling diserahkan kepada suaminya, Iwan, untuk bisnis, di antaranya bisnis soft gun dan boneka, beli rumah dan jalan-jalan. Di persidangan Ching Ling mengaku melakukan penggelapan karena cinta kepada suaminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO