Komplotan Pembajak Truk Profesional Digulung, 4 Pelaku masih Kabur

Komplotan Pembajak Truk Profesional Digulung,  4 Pelaku masih Kabur DIGULUNG. Kapolres Sidoarjo AKBP M. Anwar Nasir SIK menunjukkan barang bukti hasil kejahatan di lokasi pergudangan yang dijadikan tempat penyimpanan di Tropodo Jaya setelah digerebek. foto: catur gogon/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Setelah 5 hari bekerja ekstra keras, jajaran Satreskrim Polres Sidoarjo akhirnya berhasil menggulung kawanan pembajak truk muat rokok yang melakukan aksinya di tol arah Porong-Perak Km 35 pada Jum'at (30/10) lalu. Selain itu, polisi juga menggerebek salah satu gudang yang digunakan sebagai tempat penimbunan barang hasil kejahatan di kawasan Jalan Tropodo Jaya Gang 1 Desa Tropodo Kecamatan Waru.

"Setelah mendapat informasi dan laporan korban pembajakan, anggota langsung melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan barang bukti dari truk di wilayah pergudangan Margomulyo Permai, Surabaya," kata Kapolres Sidoarjo AKBP M. Anwar Nasir SIK di lokasi pergudangan yang digerebek, Kamis (5/11).

Dalam pengerebekan tersebut, petugas berhasil mengamankan 3 dari 7 tersangka yaitu, SN (62) warga Perumahan Pondok Candra Gang Blimbing No.110-112 Desa Tropodo Kecamatan Waru sebagai penadah barang pembajakan. Kemudian, ES (38) warga Jember yang bertindak sebagai pelaku pembajakan dan ZA (34) warga Jombang yang merupakan sopir dalam aksi pembajakan tersebut.

“Penggrebekan ini kita lakukan setelah melakukan pengembangan lebih lanjut. Karena kami menyakini kalau ada jaringan lebih besar. Dari pengakuan tersangka kalau gudang tersebut yang dijadikan sebagai tempat penadahan hasil kejahatan. Gudang menyimpan barang pembajakan 5 kali. Yakni 3 kali TKP di Sidoarjo dan 2 TKP lainnya di Surabaya,” jlentrehnya.

Kapolres Sidoarjo AKBP M. Anwar Nasir SIK menambahkan, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti dalam pengerebekan tersebut. Yakni, ratusan dus rokok merk Gudang Garam, 66 kardus tisue, popok bayi merk pampers, dan ratusan produk hasil pembajakan lainnya.

“Semua barang ini, kami menduga sebagai barang hasil kejahatan. Kami akan kembangkan kasus ini dan mengejar 4 tersangka lain yang masih melarikan diri. Karena kami menduga ada jaringan Jawa Timur dan Jawa Tengah,” tandasnya

Kejadian sendiri berawal pada Jum’at (30/10) lalu sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu Heri (36) selaku sopir truk diesel jenis container Nopol L-9264- UC keluar dari gudang di Kecamatan Pandaan, Pasuruan mengangkut 350 bal rokok merk Gudang Garam melewati tol arteri Porong sampai di Tol Km 35, tepatnya Desa Ketapang Kecamatan Tanggulangin. Di situ, Heri turun untuk buang air kecil dan didatangi oleh seseorang yang mengaku anggota polisi dengan menuduh mencuri barang yang di dalam kontainernya.

Lihat juga video 'Detik-Detik Pencurian Sepeda Motor di Krian Sidoarjo Terekam CCTV, Pelaku Mengenakan Seragam Ojol':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO