Beber Dosa Setya Novanto, Sudirman Said 'Dikeroyok' MKD

Beber Dosa Setya Novanto, Sudirman Said Ketua MKD Surahman Hidayat (kiri) memimpin sidang terkait pelanggaran etik Ketua DPR Setya Novanto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (2/12). foto: detik

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Sidang etik kasus pencatutan Presiden dan Wakil Presiden oleh Ketua Setya Novanto (Setnov) yang digelar Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yang berlangsung kemarin (2/12), dipertanyakan banyak pihak. Bagaimana tidak, Menteri ESDM, Sudirman Said yang menjadi pelapor kasus yang bermaterikan perpanjangan kontrak PT dan permintaan saham tersebut, justru diserang habis oleh hampir seluruh anggota MKD.

Anggota MKD yang bicara dalam sidang cenderung memojokkan Menteri ESDM Sudirman Said dengan mempertanyakan motivasinya melaporkan Ketua DPR Setya Novanto, dan apakah tidak berniat minta maaf.

Di awal sidang yang dihujani interupsi, Menteri Sumber Daya Mineral ESDM Sudirman Said memberikan rekaman utuh dan transkrip percakapan dalam pertemuan ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha Riza Chalid dengan Direktur Ma'ruf kepada pimpinan sidang Majelis Kehormatan Dewan MKD, di DPR, Rabu (2/12).

Rekaman yang berdurasi 120 menit itu rencananya akan diperdengarkan dalam sidang MKD hari ini. Sudirman menyebutkan rekaman itu berasal dari pertemuan ketiga antara Setya Novanto dan direktur , sementara pertemuan pertama dan kedua tidak direkam.

Sudirman menyatakan rekaman didapat dari direktur Indonesia Ma'roef Syamsoedin.

Dalam sidang, anggota MKD Akbar Faisal mempertanyakan niat Sudirman untuk melaporkan tindakan Setya ke MKD, dan bukan ke penegak hukum.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO