UMK Jombang Ditetapkan Rp 1,9 Juta, Belum Ada Perusahaan yang Keberatan

UMK Jombang Ditetapkan Rp 1,9 Juta, Belum Ada Perusahaan yang Keberatan Aksi demonstrasi buruh kabupaten Jombang Saat Menolak UMK 2016. foto: rony suhartomo/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinsosnakertrans , Heru Wijayanto mengatakan, batas pengajuan penangguhan UMK Kabupaten sampai tanggal 20 Desember 2015. Namun, hingga saat ini belum ada yang mengajukan penangguhan tersebut. Pihaknya juga tidak mengetahui alasan kenapa perusahaan tersebut.

"Hingga batas akhir pengajuan yang kurang lima hari ini, belum ada perusahaan yang mengajukan penangguhan. Pada 2014 lalu, ada dua perusahaan yang mengajukan penangguhan namun ditolak di tingkat jawa timur karena tidak memenuhi syarat," ujarnya saat ditemui wartawan di kantornya. Selasa (15/12/2015).

Heru menambahkan, salah satu syarat penangguhan upah adalah laporan keuangan perusahaan meliputi neraca, perhitungan laba/rugi beserta penjelasannya selam dua tahun terakir. "Jika dalam perhitungan tersebut perusahaan yang bersangkutan mendapat keuntungan maka secara otomatis penangguhan UMKnya akan ditolak," imbuhnya.

Namun Heru berharap, agar perusahaan yang ada di Kabupaten menemukan solusi terbaik agar efek domino dari penetapan UMK tidak terjadi di Kabupaten , selain penangguhan upah.

Untuk diketahui, nilai UMK Kabupaten tahun 2016, mengacu PP Pengupahan No.78/2015 sebesar Rp 1.940.000 Angka ini naik dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp 1.725.000. (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO