Kembangkan Rumah Potong Hewan, Sidoarjo Jajaki Kerjasama dengan Brisbane Australia

Kembangkan Rumah Potong Hewan, Sidoarjo Jajaki Kerjasama dengan Brisbane Australia Kepala Biro Administrasi Kerjasama Pemprov Jawa Timur Benny Sampriwanto memberi paparan, Kamis (17/12/2015). foto: musta'in/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Sidoarjo terus berupaya menjalin kerjasama dengan pihak luar negeri. Terkini, Pemkab Sidoarjo teman melakukan penjajagan dengan Brisbane Australia untuk mengembangkan rumah potong hewan (RPH). Upaya merintis kerjasama untuk memodernisasi RPH ini difasilitasi Pemprov Jawa Timur.

Menurut Kabag Kerjasama Pemkab Sidoarjo Ari Suryono, kerjasama pengembangan RPH dengan Brisbane Australia tersebut masih dalam penjajagan.

"Namun yang jelas sudah ada upaya yang dilakukan untuk merintis kerjasama tersebut, diantaranya kami tengah mengkaji pembagian tanggung jawab antarpihak," cetus Ari Suryono di sela Dialog Membangun Kemitraan Dalam Pengembangan Kerjasama Luar Negeri, di Aula Delta Graha Kantor Pemkab Sidoarjo, Kamis (17/12).

Ari menjelaskan, penjajagan kerjasama memodernisasi RPH tersebut, dengan fasilitasi Pemprov Jawa Timur, juga tengah disiapkan lahannya, yang rencananya akan berada di kawasan pasar modern Puspa Agro, di Desa Jemundo Kecamatan Taman, Sidoarjo.

"Jika rencana kerjasama dengan Brisbane ini terwujud, tentu RPH akan bisa modern seperti di Brisbane dan dampaknya bisa menambah PAD Kabupaten Sidoarjo," harap Ari Suryono.

Dalam dialog mengundang sejumlah narasumber, diantaranya Pejabat Bagian Politik dan Ekonomi Konsulat Jendral Amerika Serikat di Surabaya, Mr Jett Thomason dan Kepala Biro Administrasi Kerjasama Pemprov Jawa Timur Benny Sampriwanto.

Selain perwakilan SKPD pemkab Sidoarjo, dialog untuk sharing potensi dan peluang kerjasama tersebut, diikuti perwakilan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan mahasiswa PTS se-Sidoarjo. Dialog tersebut dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo H Jonathan Judianto. (sta/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO