Pj Bupati Gresik Blusukan Antisipasi Banjir Kali Lamong

Pj Bupati Gresik Blusukan Antisipasi Banjir Kali Lamong Penjabat Bupati Gresik, Akmal Boedianto saat melihat tanggul sungai Kali Lamong di Desa Jono Kc. Cerme. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Awal tahun 2016 ini dimanfaatkan Penjabat Bupati Gresik, Dr. Akmal Boedianto untuk doa bersama dan blusukan meninjau ke desa-desa wilayah rawan banjir di wilayah Gresik, Senin (4/1).

Usai melakukan doa bersama dan Istighotsah kubro yang berlangsung pada Senin (4/1) pagi harinya, Akmal bersama Plt. Sekda Gresik, Bambang Isdianto serta jajaran Dinas Pekerjaan Umum Gresik menyusuri wilayah di sekitar Sungai Lamong.

Baca Juga: Kunjungi Wisata Mangrove Karangkiring Gresik, Ning Nurul Lakukan Pembinaan 10 Program Pokok PKK

Beberapa desa yang menjadi tujuan kunjungan rombangan Penjabat Bupati kali ini yaitu desa-desa di tepian Kali Lamong wilayah Kedamean, Benjeng dan Cerme. Rombongan juga meninjau proses pembangunan Pendopo Kecamatan Kedamean.

Di Kecamatan Kedamean setelah menyusuri beberapa desa, Penjabat Bupati bersama Plt Sekda dan didampingi Muspika setempat mengunjungi pembangunan tanggul kembar di Dusun Balongsri Desa Lampah Kecamatan Kedamean.

Tanggul seluas 5200 M2 ini dibangun Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Pembangunan tanggul ini untuk menampung air yang nantinya akan diolah menjadi air bersih untuk kebutuhan enam ribu warga Desa Lampah Kedamean,” ujar Akmal didampingi Kabag Humas , Suyono.

Baca Juga: Plt Bupati Gresik Salurkan 335 Paket BLT DBHCHT di Ujung Pangkah dan Panceng

Menurut Akmal, kunjungannya beserta rombongan kali ini untuk memantau kesiapan aparat di tingkat kecamatan untuk mengantisipasi banjir tahunan kali Lamong.

“Kami berharap tidak terjadi banjir, namun kalau memang bencana itu datang, kita juga harus siap untuk meminimalisir dampak banjir tersebut," jelas Akmal Boedianto.

Untuk meminimalisir dampak banjir di Gresik, dalam hal ini BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) Kabupaten Gresik telah banyak melaksanakan program. Selain itu sejumlah logistik bantuan juga dipersiapkan.

Baca Juga: 2.000 ASN Pemkab Gresik Ikuti Pembekalan Penilaian Kompetensi 2024

“Yang penting kita tidak boleh gagap menghadapi bencana. Dan menyiapkan segala sesuatunya juga koordinasi yang terus menerus,” kata Akmal.

Sementata untuk bidang PU (Pekerjaan Umum) pada tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Gresik menyiapkan anggaran sebesar Rp 24,7 miliar dari dana APBD Gresik.

Anggaran sebesar itu disiapkan untuk meminimalisir banjir di Gresik. “Dana sebesar itu digunakan untuk revitalisasi saluran pembuangan air anak kali Lamong dan lain lain. Sekitar 80 persen diperuntukkan untuk meminimalisir Banjir di wilayah Gresik selatan," kata Plt Sekda Gresik yang juga Kepala Dinas PU Gresik, Bambang Isdianto.

Baca Juga: Dinas Pendidikan Gresik Teken MoA dengan Unesa

Ditambahkan oleh Bambang Isdianto, program untuk meminimalisir banjir ini fokus pada anak kali Lamong.”Karena untuk program Kali Lamong kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo. Dari dana sebesar itu, beberapa proyek revitalisasi anak Kali Lamong yaitu di Morowudi dan Cermenlerek menelan dana masing-masing hingga Rp 1,9 miliar. Di dua tempat itu memang biang terbesar banjir di wilayah tersebut," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO