PKB-PDIP Positif Koalisi: JK, Luhut, Ryacudu, Cawapres Jokowi

PKB-PDIP Positif Koalisi: JK, Luhut, Ryacudu, Cawapres  Jokowi Jokowi dan Mulaimin Iskandar. foto:repro jpnn

JAKARTA (bangsaonline)-Siapa calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingicalon presiden(capres) PDIPJoko Widodo (Jokowi)?

Sumber di lingkungan DPP PDIP menyebutkan ada empat tokoh yang menguat. Salah satunya, Luhut Binsar Panjaitan. Tokoh Batak berusia 66 tahun yang akrab dengan Jokowi sejak jadi walikota Solo ini dikabarkan sebagai kandidat kuat calon wapres Jokowi.Tokoh lain yang juga disebut berpeluang kuat adalah Ryamizard Ryacudu, mantan KSAD yang dikenal sebagai menantu mantan wakil Presiden Try Sutrisno.

Kabarnya, PDIP sengaja mengambil cawapres dari tokoh militer agar kalau Jokowi terpilih sebagai presiden, pemerintahannya dapat dukungan dari kalangan militer. Selain Ryamizard, nama Abraham Samad, ketua KPK, juga disebut sebagai cawapres Jokowi.

Calon kuat lain adalah Jusuf Kalla (JK). Mantan wakil presiden ini, menurut sumber terpercaya, diincar PDIP karena berasal dari luar Jawa yaitu Makassar. Diharapkan ia bisa meraup suara dari luar Jawa sekaligus mewakili peta politik Jawa-luar Jawa. Kabarnya, dari sekian nama itu, Jokowi lebih sreg dengan JK.

Jika PDIP mengambil cawapres dari tiga tokoh itu berarti tingkat elektabilitas Jokowi dinilai sangat kuat. Artinya, PDIP sudah sangat PD (percaya diri). Ini mirip dengan pilpres 2009. Saat itu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menolak cawapres dari unsur partai karena merasa dirinya sudah kuat dan pasti terpilih meski berpasangan dengan siapa aja. Ia akhirnya memilih Boediono, seorang ekonom yang samasekali tak punya basis massa.

Dari tiga tokoh cawapres Jokowi yang disebut di atas memang hanya JK yang punya basis partai, yaitu Golkar. Tapi Golkar jelas tak mendukung JK. Karena Golkar telah menetapkan Abu Rizal Bakrie (ARB) sebagai calon presiden.

Sumber: tempo.co, wikipedia

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO