Pemkab Gresik Siapkan Penampungan untuk Warga Eks Gafatar

Pemkab Gresik Siapkan Penampungan untuk Warga Eks Gafatar Penjabat Bupati Gresik, Akmal Boedianto ketika memimpin rapat menyikapi kepulangan eks Gafatar asal Gresik. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Banyaknya warga masyarakat asal Kabupaten Gresik yang menjadi anggota Gafatar (gerakan fajar nusantara) dan kini dipulangkan dari Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat mendapatkan atensi khusus dari Pemkab Gresik.

Pemkab Gresik bersama instansi terkait menggelar rapat membahas langkah awal untuk memfasilitasi kepulangan eks- ini. Saat ini mereka masih ditampung di Asrama Transito Dinas Transmigrasi dan Kependudukan Jawa Timur, di Jalan Margorejo Nomor 7 Surabaya.

Pj (Penjabat) Bupati Gresik, Dr. H. Akmal Boedianto usai memimpin rapat mengatakan bahwa dirinya siap mengawal dengan meminta bantuan dari pihak kepolisian dan dinas terkait kepulangan eks- tersebut. “Nantinya eks- yang dipulangkan dari Mempawah, Kalimantan Barat akan kami tampung di suatu tempat guna mendapatkan pembinaan,” ujarnya.

Lanjut Akmal, langkah ini dilakukan agar para eks tetap merasa aman dan tidak merasa terintimidasi saat dipertemukan oleh keluarganya masing-masing.

Menurut dia, rencananya Selasa (26/1), para eks- yang akan dipulangkan ke kabupaten/kota masing-masing termasuk Gresik. "Jumlah eks asal Gresik yang kami terima berjumlah 27 orang," terangnya.

Rinciannya adalah: Dari Desa Tumapel Kecamatan Duduksampeyan. Yaitu, Suraji (43), Lismawati, (38), Narahiba Kilana, (13), dan Rakeh, (4).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO