Kader PKK Jawa Timur Harus Terus Peduli Lingkungan

Kader PKK Jawa Timur Harus Terus Peduli Lingkungan ?Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jatim Dra Hj Nina Soekarwo MSi saat menyampaikan harapannya di sesi dialog usai menyaksikan penandatanganan MoU Pemberdayaan Masyarakat Mojokerto di Hotel Sheraton. Foto:nisa/BANGSAONLINE

SURABAYA (bangsaonline) - Ketua Tim Penggerak Provinsi Jatim Dra Hj Nina Soekarwo MSi (Bude Karwo) meminta para kader tidak pernah berhenti untuk menularkan pengetahuannya pada keluarga dan masyarakat sekitar tentang pentingnya kesehatan.

Nina juga berharap kader lebih peduli pada lingkungan, serta saling membantu untuk menaikkan derajat kesehatan, meningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

"Kalau seluruh anggota keluarga sudah ber-PHBS (pola hidup bersih sehat) dan melaksanakan Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM) maka permasalahan sanitasi akan teratasi," tandas Bude Karwo pada Peluncuran Program Kemitraan untuk Masyarakat Mojokerto di Hotel Sheraton Surabaya, Rabu (7/5/2014).

Dalam pelaksanaan PHBS di dalam keluarga, kata Bude, perempuan memiliki peran yang sangat besar untuk melakukan perubahan perilaku dan menjadi pioner bagi anggota keluarganya. Misalnya untuk mencuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makanan yang sehat, aman, hygienis, mengelola sampah rumah tangga dan mengelola limbah rumah tangga dengan benar, dan tidak BAB di sembarang tempat.

"Kesulitan akses terhadap air bersih dan sanitasi bisa berakibat buruk bagi kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. Sekitar 90 % lebih penyakit yang berbasis lingkungan diakibatkan oleh sanitasi/ lingkungan yang tidak baik. Bahaya dari ketiadaan air bersih bisa mengakibatkan penyakit diare," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO