Indonesia Disambangi Gerhana Bulan Penumbra: Sejak Senin Lalu, Jupiter Mendekat ke Bulan

Indonesia Disambangi Gerhana Bulan Penumbra: Sejak Senin Lalu, Jupiter Mendekat ke Bulan Gerhana bulan disaksikan dari Pantai Kenjeran, Surabaya. foto: Ilustrasi

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Setelah Matahari total beberapa waktu lalu, Indonesia akan disambangi Bulan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas I Juanda Surabaya, Jawa Timur, memprediksi pada Rabu malam, 23 Maret 2016 akan terjadi Bulan penumbra.

Meski tidak sedramatis bulan total, fenomena penumbra ini tetap menarik karena Jupiter akan muncul lebih terang dari biasanya. Ketika ketinggian bulan purnama penumbra terjadi pada sekitar pukul 7.48 pagi ET, Jupiter akan terlihat lebih besar dan terang yang berdekatan dengan bulan.

Jupiter telah mendekat ke Bulan sejak Senin lalu. AS bagian barat dan tengah adalah negara yang akan menyaksikannya dalam posisi terbaik. Mereka akan bisa melihat Bulan yang menggelap. Beberapa wilayah timur Australia, Selandia Baru, Jepang, Asia timur dan tengah juga Pasifik juga akan mengalaminya sekilas.

"Seluruh masyarakat di Indonesia bisa menyaksikan Bulan penumbra ini pada Rabu malam," ujar Prakirawan BMKG Juanda, Taufik Hermawan.

Gerhana Bulan penumbra terjadi saat Bulan terbit di ufuk timur mulai pukul 16.36 WIB, kemudian mencapai puncaknya pukul 18.47 WIB. Gerhana akan berakhir pukul 20.57 WIB. "Jika cuaca benar-benar cerah, masyarakat bisa menyaksikannya," ucapnya.

Ia menjelaskan, Bulan penumbra terjadi karena karena terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semua sampai ke Bulan. Namun, Bulan penumbra hanya bisa disaksikan dengan teropong khusus.

Sumber: metrotvnews.com/republikaonline

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO